UP Gresik Menangi Lomba HUT Satpam ke -37

Tim Satpam PT PJB UP Gresik berhasil menjuarai lomba ketrampilan PBB, tongkat dan borgol yang diadakan oleh Polda Jawa Timur. Trophi penghargaan diserahkan dalam upacara HUT Satpam ke 37 yang berlangsung di lapangan upacara Mapolda Jatim Surabaya pada Rabu (10/1). Pada kesempatan itu, Tim Satpam UP Gresik juga diberikan kesempatan untuk unjuk kebolehan ketrampilan yang dijuarainya. Selain Satpam Gresik, pada HUT Satpam ke- 37, tim Satpam UBJOM Rembang juga meraih juara yang sama di tingkat Kabupaten Rembang.

 

Perlombaan untuk memeriahkan HUT Satpam ke-37 diselenggarakan pada tanggal 3 hingga 4 Januari 2018. Empat jenis lomba dipertandingkan dalam kesempatan tersebut dengan lokasi terpisah. Lomba cerdas cermat diselenggarakan di wilayah KP3 Tanjung Perak, lomba senam gatur lantas di wilayah Polres Sidoarjo, lomba TPTKP di wilayah Polrestabes Surabaya, dan lomba keterampilan PBB, peragaan tongkat dan borgol di wilayah Polres Gresik.

 

UP Gresik ditunjuk Polres Gresik sebagai tempat pelaksanaan lomba keterampilan PBB, peragaan tongkat dan borgol. Lomba ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan satpam secara perorangan maupun secara tim dalam hal baris-berbaris, kemampuan menggunakan tongkat dan borgol. Kemampuan ini diperlukan dalam menghadapi kondisi tertentu, khususnya pelaku kejahatan di kawasan yang menjadi tanggungjawab pengamanannya.

 

Selain menjadi tuan rumah lomba ketrampilan, UP Gresik juga ditunjuk menjadi wakil dari Polres Gresik dalam perlombaan itu. Juri lomba berasal dari beberapa lembaga, yang terdiri dari satu ketua tim yaitu AKP Labunga dan 3 staf juri antara lain adalah Aiptu Zainul (staf Polda), Supriyanto (BUJP Bawata), serta Aiptu Maksun (Polres Gresik). Indikator penilaian didasarkan pada Perkap Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan Lembaga Pemerintah.

 

Tim Polres Gresik yang diwakili oleh tim satpam PT PJB UP Gresik menjadi juara pertama dengan skor 369. Sementara tim Polrestabes Surabaya dan tim KP3 Tanjung Perak secara berurutan mendapat juara dua dan tiga. Ketua tim juri berpesan agar dalam menjalankan tugasnya, setiap satpam harus sadar hukum dan menaati pedoman yang sudah ada dalam Perkap Nomor 24 Tahun 2007 demi mewujudkan profesionalisme anggota satpam dan keamanan serta ketertiban di lingkungan kerja dapat tercapai. (dl)