Forum Komunikasi CSR Kota Balikpapan

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di Kota Balikpapan sudah lama terbentuk seiring banyaknya perusahaan di kota tersebut. Bahkan Walikota Balikpapan H. M. Rizal Effendi S.E sendiri yang menjadi Ketua Umum Forum Komunikasi CSR (FKCSR). Forum ini menjadi media kerjasama antara pemerintah dengan dunia usaha dalam percepatan pembangunan di Kalimantan Timur khususnya di Kota Balikpapan. Selain itu, juga menjadi media informasi terkait program pembangunan yang dapat diadopsi sebagai program CSR.

 

Pemerintah Kota Balikpapan bersama perusahaan yang tergabung dalam FKCSR Kota Balikpapan Jumat (9/2) menadatangani Nota Kesepahaman Pelaksanaan Program CSR tahun 2018. Nota kesepahaman dengan PT PJB ditandatangani oleh General Manager PT PJB UBJOM Kaltim Teluk, Maryono.

Acara berlangsung di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan. Pada kesempatan itu juga dilakukan peluncuran kegiatan inovasi Pemerintah Kota dan peresmian gedung DPMPT di Jalan Ruhui Rahayu, Sepinggan Baru, Balikpapan Selatan. Kegiatan tersebut menjadi kado bagi HUT Kota Balikpapan ke-121 yang jatuh pada 10 Februari 2018.

 

Dalam sambutannya, Rizal Effendi menuturkan bahwa konsep CSR dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan kemampuan masing-masing perusahaan sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap lingkungan sosial di sekitarnya. Rizal juga menyebutkan berbagai bentuk kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan bagi masyarakat. Diantaranya peningkatan kesejahteraan masyarakat, perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa, bantuan fasilitas umum, dan lainnya.

 

Dalam kegiantannya, FKCSR Kota Balikpapan telah memiliki visi dan misi. Visinya : Memaduselaraskan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dari kalangan perusahaan dalam rangka optimalisasi Program Pembangunan di Kota balikpapan.

 

Sedangkan Misi FKCSR, meliputi : 
- Sinkronisasi dan peningkatan kerjasama pembangunan CSR, dan memperluas Kemitraan Pembangunan di Kota Balikpapan
- Tercapainya akselerasi dan penguatan program CSR di kalangan perusahaan, melalui pemanfaatan program yang ditwarkan oleh pemerintah
- CSR menjadi wujud komitmen dunia usaha untuk membantu PBB dalam merealisasikan Millenium Development Goal’s (MDG’s). (ars)