10th ARSEPE HAPUA Working Group 5

10th ARSEPE HAPUA Working Group 5

Sobat PJB, ASEAN Residential School in Electric Power Engineering (ARSEPE) ke sepuluh dibuka oleh Direktur Utama PT PJB di Surabaya Senin pagi (2/10). Acara pelatihan dan pengembangan kompetensi SDM untuk perusahaan kelistrikan di lingkungan negara ASEAN ini akan berlangsung hingga tanggal 13 Oktober mendatang. Sebanyak 59 peserta dari tujuh negara berpartisipasi dalam kegiatan ini.

ARSEPE tahun ini diselenggarakan oleh PLN melalui PT PJB yang merupakan anak perusahaannya. Event ini mengambil tema OSHE (Occupational Safety and Health Engineering) dengan fokus pada penerapannya di pembangkit istrik. Pembelajaran dilakukan secara teori dan site visit ke unit PJB untuk melihat implementasi OSHE di lingkungan PLN Group.

Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara mengharapkan agar ARSEPE bisa dijadikan sebagai ajang bagi para peserta untuk saling berbagi pengetahuan dan best practice. Selain itu Iwan juga berharap agar ajang ini mampu berkontribusi dalam menyiapkan kader unggulan untuk menghadapi interkoneksi kelistrikan di ASEAN. “Semoga ARSEPE 2017 bisa menjadi jawaban atas tantangan yang dihadapi HAPUA terutama di bidang OHSE,” pungkasnya.

ARSEPE merupakan salah satu kegiatan yang dikelola oleh Working Group 5 Heads of ASEAN Power Utilities / Authorities (HAPUA). Sementara HAPUA adalah organisasi yang bertujuan untuk menjalin kerja sama di antara perusahaan-perusahaan ketenagalistrikan yang ada di kawasan ASEAN. Ada lima working group (WG) yang dimiliki HAPUA dengan masing-masing fokus pada Generation & Renewable Energy (WG 1), Transmission/ APH (WG 2), Distribution and Power Reliability & Quality (WG 3), Ploicy Studies & Commercial Development (WG 4), dan Human Resources (WG 5).
ARSEPE pertama kali dilaksanakan pada tahun 2007 di Malaysia. Tahun ini ARSEPE dihadiri 59 peserta yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filpina, Thailand, Laos, dan Singapura. Jumlah peserta ini merupakan yang terbanyak sepanjang pelaksanaan ARSEPE yang dimulai di Malaysia pada 2007 silam. Selain itu, pada gelaran ARSEPE tahun ini juga diperkenalkan aplikasi COMMGEAR yang berbasis android sebagai sarana untuk mempermudah pembelajaran dan networking di antara para peserta.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.