10th ARSEPE, Upaya Meningkatkan Kompetensi K3 Perusahaan Listrik ASEAN

10th ARSEPE, Upaya Meningkatkan Kompetensi K3 Perusahaan Listrik ASEAN

ARSEPE merupakan salah satu kegiatan yang dikelola oleh Working Group 5 Heads of ASEAN Power Utilities / Authorities (HAPUA). Heads of ASEAN Power Utilities/Authorities (HAPUA) adalah organisasi yang bertujuan untuk menjalin kerjasama antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang bergerak di bidang ketenagalistrikan. HAPUA terbagi dalam 5 kelompok kerja (Working Group), yaitu: Generation & Renewable Energy (WG 1), Transmission / APG (WG 2), Distribution and Power Reliability & Quality (WG 3), Policy Studies & Commercial Development (WG 4) dan yang terakhir adalah Human Resources (WG 5).
ARSEPE diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) melalui anak usahanya PT Pembangkitan Jawa – Bali (PJB). Pemilihan Kesehatan dan Keselamatan Keja (K3) sebagai fokus dalam pembelajaran didasarkan pada tingginya nilai aset serta resiko dan potensi bahaya yang kompleks di bisnis kelistrikan.
Sejumlah ahli dan praktisi dari dalam dan luar negeri menjadi pengajar dalam ARSEPE ke 10. Diantaranya Jim Trucsott, ahli krisis management dari Autralia yang membedah perilaku aman dalam kaitannya dengan manajemen darurat dan krisis. Pengajar lain berasal dari PLN, Pertamina, PT PJB, VICO, Kementerian Ketenagakerjaan, dan lembaga lainnya.

ARSEPE kali ini memadukan antara kegiatan teori di ruangan dengan site visit untuk melihat implementasi K3 di lingkungan PLN Group. Site visit mengunjungi PT PJB Unit Pembangkitan Gresik dan PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali. Bentuk pembelajaran dilakukan melalui tiga program yaitu lecture, tutorial dan syndicate group activites. Melalui pembelajaran ini peserta tidak hanya mendapatkan teori, namun juga bentuk praktisnya melalui penugasan kelompok. Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pembelajaran, pertukaran ilmu, dan sebagai sarana networking bagi peserta.

Kegiatan ini merupakan salah satu event dengan peserta terbanyak sepanjang penyelenggaraan ARSEPE yang dilakukan secara tahunan sejak tahun 2007. Di sela-sela kegiatan di Surabaya para peserta dikenalkan dengan budaya dan sejarah Surabaya serta makanan khas Indonesia. Mereka diajak mengunjungi tempat bersejarah seperti Hotel Majapahit dan mendapatkan sajian kesenian daerah. Selain itu sebagai refreshing peserta juga diajak berwisata ke Kota Batu

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.