ASTER KSAD Kunjungi PLTU Pacitan

 

Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (ASTER KSAD) Mayjen TNI Supartodi, S.E.,M.Si mengunjungi PLTU Pacitan Rabu (7/11). Kehadiran ASTER KSAD didampingi oleh jajaran Staf Mabes TNI AD, Kodam V Brawijaya, Korem Madiun, Kodim Pacitan, dan Koramil Sudimoro. Rombongan diterima oleh Direktur Pengadaan Strategis II PT PLN (Persero) Supangkat Iwan Santoso, Direktur Operasi II PT PJB Miftahul Jannah, EVP Batubara PLN, dan GMUBJOM Pacitan selaku tuan rumah.

Kunjungan merupakan bagian dari pengawasan kegiatan pendampingan TNI dalam pengamanan pasokan batubara pada pembangkit PLN. Kerja sama ini dijalin sejak tahun 2015 sebagai upaya PLN untuk memberikan jaminan keamanan pasokan batubara dengan kualitas sesuai yang diharapkan. Area pegamanan meliputi 9 unit pembangkit di Jawa dan 6 unit pembangkit di Sumatera.

Ketersediaan pasokan batu bara menjadi sangat strategis bagi PLN karena perannya sebagai bahan bakar utama dalam penyediaan pasokan listrik. Sekitar 60 persen pasokan listrik PLN dihasilkan dari PLTU batu bara.

Sharing pengalaman, diskusi terkait pelaksanaan kerjasama dan survey ke lokasi fasilitas unloading batubara PLTU Pacitan menjadi agenda dalam kunjungan ASTER KSAD. Kunjungan kerja ke salah satu obyek vital nasional ini menunjukkan kesungguhan PLN dan TNI untuk memberikan yang terbaik bagi penyediaan pasokan listrik. Tak dapat dipungkiri listrik adalah tulang punggung utama penggerak perekonomian dan kehidupan bernegara.