Apresiasi Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta

Pengelolaan lingkungan yang dilakukan Unit Pembangkitan (UP) Muara Karang mendapatkan penghargaan pada Apresiasi Lingkungan Hidup Indonesia Tahun 2017. Dua penghargaan berhasil diraih pada acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta pada Selasa (21/11) di Jakarta. KOMMA, komunitas binaan CSR UP Muara Karang terpilih sebagai komunitas terbaik dalam pengelolaan sampah. Selain itu UP Muara Karang juga mendapat penghargaan Properda tahun 2017.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Agung, Balaikota Provinsi DKI Jakarta. Piagam penghargaan untuk KOMMA diterima oleh Risnandar selaku ketua KOMMA. Sedangkan penghargaan Program Penilaian Peringkat Perusahaan Daerah (Properda) tahun 2017 diterima oleh Supervisor Senior Lingkungan PT PJB UP Muara Karang, Fauzi Leilan.

UP Muara Karang menggandeng Komunitas Mangrove Muara Angke (KOMMA) dalam kegiatan CSR pengelolaan kawasan penuh sampah di wilayah Muara Angke. Di lokasi tersebut dilakukan pengembangan ekosistem mangrove untuk pelestarian lingkungan sekitar. Ribuan mangrove berhasil ditanam dan menjadi penghalang terjadinya abrasi pantai.

Dalam sambutannya, Anies menyatakan bahwa piagam yang diberikan hanyalah sebuah simbol. Dibalik piagam tersebut ada kerja keras yang panjang dan penuh perjuangan dari masyarakat DKI Jakarta dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup. Ia menghimbau agar masyarakat terlibat aktif dalam gerakan pelestarian lingkungan. Masyarakat jangan hanya menjadi penonton atau peminta-minta atas program yang dilakukan oleh pemerintah maupun pihak swasta.

Lingkungan DKI Jakarta yang lestari merupakan dambaan semua pihak dan akan memberikan manfaat bagi seluruh warganya. Penghargaan yang diberikan, diharapkan dapat memicu gerakan aktif dari seluruh elemen masyarakat untuk saling bahu-membahu menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. (sau)