Back Ada apa ya di REAKSI ’39 UP Gresik?

 

Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, kemeriahannya dapat dirasakan oleh semua insan. Untuk memeriahkan dan memberikan kegiatan positif bagi pelajar, Lembaga Takmir Masjid At Taqwa PT PJB Unit Pembangkitan (UP) mengadakan acara Pondok Ramadhan 1439H REAKSI ’39 (Ramadhan Edukasi Penuh Aksi). Kegiatan bekerja sama dengan Gressco (Gresik Student Community) itu diselenggarakan pada Minggu (27/5) di beberapa lokasi UP Gresik.

Pondok Ramadhan diikuti oleh 351 peserta yang berasal dari siswa PAUD/TK, SD, SMP dan SMA dari berbagai daerah di Gresik. Tingkat partisipasi masyarakat tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Peserta kegiatan REAKSI ’39 ini dibagi dalam 4 kategori antara lain TK, Kids 1 (kelas 1-3 SD), Kids 2 (kelas 4-6 SD), dan Teens (SMP dan SMA).

Acara digelar dari jam 07.00 pagi hingga 16.00 WIB. Pembukaan dilakukan di Masjid At Taqwa dan diikuti oleh seluruh peserta. Selepas pembukaan, peserta dikelompokkan sesuai kategori dan didampingi oleh kakak-kakak pendamping yang merupakan karyawan dan karyawati PJB. Mereka melakukan kegiatan di kelas masing-masing yang berlokasi di masjid dan PJB Academy Kampus Gresik.

Ada banyak kegiatan menarik selama acara REAKSI kali ini. Diantaranya penyampaian materi agama secara kreatif diselingi dengan permainan edukatif yang dipandu oleh trainer Gressco. Suasana kelas Kids 2 penuh dengan antusiasme saat trainer mengajak anak-anak generasi zaman now itu untuk meneladani kegigihan, ketangguhan dan kesederhanaan generasi muslim zaman old seperti Muhammad Al Fatih, Umar bin Khattab, dan Mus’ab bin Umair.

Selain materi agama, para peserta juga diajak berlatih memanah, membuat prakarya, dan kegiatan kreatif lainnya. Untuk menambah semangat peserta, panitia membagikan banyak hadiah bagi peserta dan kelompok prestatif.

Penyelenggaraan REAKSI ’39 mendapatkan tanggapan positif dari para wali peserta. Mereka berharap agar kegiatan ini dapat dilakukan setiap tahun karena dapat mengisi waktu puasa anak-anak dengan aktivitas yang menambah pengetahuan dan semangat keislaman, sekaligus menjadikan mereka semakin kreatif. (dl)