Evakuasi Korban Tsunami Selat Sunda

 

Duka mendalam tengah menyelimuti keluarga besar PLN. Tak kurang dari 200 orang peserta Employee Gathering PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) menjadi korban terjangan tsunami yang terjadi di laut Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam lalu. Tanjung Lesung yang menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan, merupakan salah satu area yang terdampak paling parah di antara area terdampak bencana di Provinsi Banten dan Lampung.

Hingga berita ini diturunkan, 156 orang anggota keluarga besar PLN telah ditemukan selamat, 35 orang tercatat meninggal dunia, dan masih ada 9 orang yang belum ditemukan. Mengutip Badan Nasional Penanggulangan Bencana, tercatat total ada 229 orang meninggal dunia dan 408 orang masih dinyatakan hilang.

PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) pada Minggu (23/12) dini hari langsung membentuk tim untuk membantu para korban musibah tsunami, dikhususkan pada area Tanjung Lesung, Banten. Enam unit ambulans dan belasan unit mobil/minibus diterjunkan bersama dengan puluhan karyawan yang menjadi relawan. Mereka telah tiba di area bencana pada Minggu pagi.

Unit kendaraan dan relawan PJB yang turun ke lapangan berasal dari unit-unit PJB yang berlokasi di area Jawa bagian barat, diantaranya PT PJB UBJOM Indramayu, UP Cirata, UP Muara Tawar, UP Muara Karang, BPWC dan UPHB. Unit ambulans PJB membantu evakuasi korban yang selamat dan juga jenazah ke rumah sakit terdekat yang ditunjuk. Sampai berita ini diturunkan, telah disiapkan tim relawan PJB lainnya untuk menggantikan tim relawan sebelumnya yang perlu beristirahat.

Sementara itu, mengutip keterangan resmi PT PLN (Persero), kondisi kelistrikan di lokasi bencana pun berangsur pulih. Sebanyak 146 gardu telah berhasil dinyalakan, menyisakan 102 gardu yang masih padam dan 41 tiang rusak akibat terjangan air. Tim PLN bersama tim relawan PJB masih terus bahu-membahu memberikan yang terbaik untuk membantu para korban tsunami hingga saat ini. Marilah kita panjatkan doa untuk seluruh korban bencana dan juga tim relawan yang bertugas agar senantiasa diberikan keselamatan dan kekuatan.(sau)