Back Pelepasan Wisudawan S2 Manajemen Energi

 

Raut wajah berbeda tampak terpancar dari 25 karyawan PJB pada Minggu (23/9) kemarin. Raut bahagia bercampur dengan kelegaan menghiasi wajah mereka. Bagaimana tidak, perjalanan panjang menempuh pendidikan S2 telah terlewati dan pagi itu mereka resmi diwisuda.

Para karyawan tersebut sebelumnya harus mengikuti seleksi agar terpilih untuk mengikuti Program Belajar S2 Manajemen Energi jurusan Teknik Mesin kerjasama antara PJB dan ITS. Setelah lolos mereka harus kembali ke bangku kuliah selama dua tahun tanpa melepas jabatan. Artinya peserta menempuh S2 dengan tetap melaksanakan tugas kedinasan yang menjadi pekerjaannya selama ini. Meskipun demikian, program ini dapat dilaksanakan secara efektif. Seluruh peserta mampu menyelesaikan program tepat selama dua tahun sesuai rencana. Kualitas lulusan pun sangat memuaskan dengan rata-rata IPK 3.55. Predikat Cum Laude diraih oleh dua peserta, Eko Ariyanto dan Hilman Aziz Tamimi dengan IPK 3.88.

Malam harinya para wisudawan mengikuti gala dinner pada sebuah hotel di Surabaya yang merupakan ajang ramah tamah sekaligus malam pelepasan. Acara dihadiri oleh Direktur Utama PJB, Direktur Operasi 1 PJB, beberapa senior leader PJB, serta jajaran pimpinan Fakultas Teknik Industri dan Jurusan Teknik Mesin ITS.

Kehangatan begitu terasa dalam acara yang berkonsep dinner semi-formal ini. Cerita tentang pengalaman, kesan dan pesan dari perwakilan wisudawan mengalirkan kenangan indah selama dua tahun berjuang dalam waktu, tenaga dan pikiran mereka. Begitupun dengan manajemen dari ITS yang turut bercerita seputar pengalaman menarik selama berinteraksi dengan para wisudawan.

Direktur Utama PJB, Iwan Agung Firstantara dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan. Mereka diingatkan untuk bersyukur karena telah diberi kepercayaan serta kesempatan untuk mengikuti program dan mampu menyelesaikannya dengan tepat waktu. Dirut juga berharap agar ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan di tempat kerja dan memberikan kontribusi yang semakin nyata kepada PJB.

Penyerahan kenangan berupa lukisan karikatur kepada tiga dosen “pengasuh” program dari ITS menjadi penutup acara. Mereka telah memberikan andil dalam penyelenggaraan kelas S2 Manajemen Energi PJB – ITS. Selain sebagai bentuk ucapan terima kasih dari jajaran manajemen PJB, penyerahan kenangan ini juga menjadi simbol berakhirnya kelas Program Belajar S2 Manajemen Energi angkatan ketiga tahun 2016-2018.

Program S2 Manajemen Energi jurusan Teknik Mesin merupakan kelas kerjasama antara PJB dan ITS angkatan ketiga. Angkatan pertama dimulai pada tahun 2004 – 2006 dan angkatan kedua pada tahun 2007 – 2009. (kun)