Belajar ke Ujung Desa Segara Jaya

 

Unit Pembangkitan (UP) Muara Tawar merupakan salah satu unit PJB yang mengoperasikan pembangkit berbahan bakar gas dengan total kapasitas terpasang 1778 MW. Keberadaan unit ini ibarat salah satu etalase bagi pengelolaan operasi dan pemeliharaan pembangkit yang dilakukan PJB di sisi barat Pulau Jawa. Keberhasilan penerapan program-program strategis perusahaan di UP Muara Tawar memikat sejumlah perusahaan untuk berkunjung dan bertukar pengalaman.

Sejumlah tamu dari dalam dan luar negeri silih berganti mengunjungi UP Muara Tawar. Berbagai hal dipelajari dan didiskusikan pada kehadiran mereka di unit PJB yang ada di Desa Segara Jaya, Kabupaten Bekasi itu. Sambutan hangat dan semangat berbagi ilmu mewarnai kunjungan tersebut.

Pada Desember 2018 dua perusahaan di bidang pembangkit listrik tercatat mengunjungi UP Muara Tawar. Pada Rabu (12/12) unit ini dikunjungi PT Shenhua Guohua Pembangkitan Jawa-Bali (SGPJB). Kedatangan Perusahaan afiliasi PJB dalam proyek PLTU Jawa-7 di Provinsi Banten itu untuk mempelajari peraturan dan proses pengadaan barang dan jasa. Pengetahuan itu sebagai masukan guna mengoptimalkan proses pengadaan untuk mendukung kelancaran proyek pembangkit berkapasitas 2×1.050 MW tersebut.

Dua hari kemudian pada Jumat (14/12) giliran tamu dari PT Indonesia Power UBP Suralaya yang berkunjung ke UP Muara Tawar. Selain untuk mempererat silaturahmi, kehadiran rombongan juga dalam rangka studi banding terkait Manajemen Operasi dan Manajemen Reliability. Mereka mempelajari Peta Kesehatan Unit yang diterapkan UP Muara Tawar dalam menjalankan proses bisnisnya. (awg)