Bersatu untuk Indonesia Bersih

Peringatan World Clean Up Day (WCD)  2020 di Belitung dipusatkan di area Pantai Wisata Tanjungtinggi, Kecamatan Sijuk pada Sabtu (19/9) pagi. Kegiatan tahunan ini diisi dengan aksi bersih-bersih dan pilah sampah. Lebih dari 400 orang mengikuti acara bertema Bersatu untuk Indonesia Bersih tersebut. Protokol Kesehatan diberlakukan selama acara yang berlangsung meriah itu.

Apel pagi dengan Inspektur Sekda Pemkab Belitung MZ Hendra Caya di pantai Lor In pada jam 7 pagi   menjadi pembuka acara. Kemudian peserta dibagi menjadi 2 kelompok  untuk selanjutnya  bergerak membersihkan sampah mulai  dari pantai Lor in hingga ke Pantai wisata Tanjung Tinggi.Tak kurang dari 610 kg sampah terkumpul dalam acara bersih-bersih pantai ini. Sampah  tersebut lalu diangkut dengan truk sampah menuju ke TPA Pilang.

PT PJB PLTU Belitung ikut mendukung kegiatan  WCD di Belitung sebagai langkah  untuk mempererat kerja sama dan sinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup. Pada kesempatan itu PJB  menyumbang puluhan tong sampah yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Desa Tanjung Tinggi.

“Kerja sama dan sinergisitas ini akan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun oleh PT PJB PLTU Belitung sebagai komitmen kepedulian perusahaan terhadap pelestarian lingkungan,” kata Deputi Manajer Operasi dan Pemeliharaan PLTU Belitung Fransiscus Aries.

Ia menambahkan, WCD merupakan suatu wadah untuk menumbuhkembangkan kesadaran semua pihak terhadap pelestarian lingkungan khususnya pesisir pantai. Pulau Belitung sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia merupakan aset alam yang sangat berharga dan harus dijaga kebersihan serta kelestariannya.

“Pariwisata banyak menyumbang pendapatan asli daerah. Sudah seyogyanya semua pihak dan elemen masyarakat turut mendukung kebersihan pantai,” ucap Aries. WCD di Belitung tahun ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya, Kepala DLH Edi Usdianto bersama segenap Kabid dan staff, Camat Sijuk, Kades Tanjung Tinggi, jajaran PT PJB PLTU Belitung, puluhan komunitas, serta perwakilan sekolah se-Kabupaten Belitung.

Para peserta diantaranya adalah Petugas Satgas Lebah (Laskar Bersih dari Sampah) Dinas Lingkungan Hidup, berbagai organisasi WCD Community, Belitung Run Organisasi Kepemudaan (KNPI, Karang Taruna,SAPMA), organisasi pelaku wisata, perhotelan, Komunitas Peduli Lingkungan, OSIS SLTA, Saka Kalpataru, serta warga desa Tanjung Tinggi.