Bersinergi Menjawab Tantangan

 

Tantangan dunia kelistrikan makin bertambah seiring perkembangan teknologi dan kebijakan global. PJB sebagai pelaku bisnis ketenagalistrikan tak luput dari fenomena ini. Ketua Umum DPP SP PJB Eviyan Yanuar Hadi mencatat setidaknya ada tiga tantangan bagi masa depan PJB. Diantaranya terkait perkembangan penggunaan solar cell rooftop, gas kota dan kebebasan captive power, serta kebijakan free trade area. Pernyataan Eviyan ini disampaikan dalam peringatan ulang tahun SP PJB ke 19 yang diselenggarakan di Kantor Pusat PJB pada Kamis (20/9).

Lebih lanjut Eviyan memaparkan bahwa PJB harus segera melakukan terobosan agar tetap dapat bertahan. Karyawan juga harus profesional dalam sisi bisnis dan kemampuan O&M. Senada dengan Eviyan, dalam sambutannya Dirut PT PJB, Iwan Agung Firstantara juga mengingatkan agar para karyawan melakukan instropeksi diri terhadap persaingan di luar PJB. “Kita harus meningkatkan kapabilitas dan terus semangat untuk meningatkan produktivitas,” ajaknya

Dirut mengungkapkan saat ini produktivitas bangsa Indonesia sangat rendah, berada pada urutan ke tujuh dari delapan negara di ASEAN. Dengan kondisi ini bila kran perdagangan bebas dibuka Indonesia akan sulit meraih kemenangan. Insan PJB harus mawas diri dan melakukan instropeksi seberapa tinggi produktivitas kerja yang telah dihasilkan. Produktivitas mitra kerja PJB dalam perusahaan afiliasi dapat dijadikan sebagai salah satu pembanding.

Iwan Agung mengapresiasi kesolidan SP PJB. Dalam perjalanan 19 tahun usianya, SP PJB masih tetap satu dan tidak terpecah sehingga tidak menimbulkan kerepotan bagi para pengurus SP maupun pihak manajemen. Apresiasi juga diberikan terhadap SP PJB yang selama ini telah mendukung terciptanya suasana kondusif bagi perusahaan.

SP PJB merupakan salah satu bagian yang ikut membesarkan dan memberikan wawasan serta pengalaman dalam perjalanan karir Dirut PJB. Ia menilai kiprah SP PJB selama ini tidak hanya memperjuangkan aspirasi pegawai, namun juga kepentingan masyarakat. “Selamat ulang tahun SP PJB, semoga makin maju dan berjaya.PJB yes di hati, perusahaan jaya dan karyawan sejahtera,” kata Dirut PJB pada akhir sambutannya.

Ulang tahun SP PJB ke 19 dirayakan dengan acara sederhana di lantai 6 kantor pusat PJB. Acara dihadiri oleh anggota SP PJB DPU Kantor Pusat dan perwakilan unit. Dirut PT PJB dan Direktur Operasi 1 PT PJB juga hadir dalam kesempatan itu. Selain sambutan dan pemotongan tumpeng, perayaan juga diisi dengan seminar terkait tantangan SDM ketenagalistrikan dalam menghadapi disruptive technology & free trade area. Seminar dibawakan oleh Olisias Gultom dari Indonesia for Global Justice.