Bijak Membuang Sampah sejak Dini

 

Kesejukan menyelimuti kawasan Simpang Badak Kecamatan Tenayan Raya pada Kamis (21/2) pagi. Kehangatan mulai terasa seiring mentari yang beranjak dari peraduannya. Anak-anak riang berceloteh sambil melangkahkan kakinya menembus hujan menuju ke sekolah. Asa mereka untuk menuntut ilmu tak pernah surut meski jalanan yang ditempuh berdebu di kala panas dan berlumpur saat hujan. Mereka terus bergerak meraih harapan agar kelak menjadi orang sukses yang dapat memajukan kampung halamannya. Itulah luapan hati dari anak-anak SDN 195 Kampung Badak, sekolah Ring 1 PLTU Tenayan, yang letaknya cukup terpencil dan jauh dari perhatian.

SDN 195 yang biasanya sepi, pagi tadi sejenak ramai dihadiri oleh tamu dari berbagai instansi di Pekanbaru. Diantaranya dari UBJOM Tenayan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota, pengawas sekolah, Pengawas Sekolah Rayon 6 Tenayan Raya, Ketua Komite SDN 195, jajaran TNI dan POLRI, Muspika, perangkat desa serta tokoh masyarakat lainnya. Mereka datang untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 yang digagas oleh UBJOM Tenayan.

Peringatan HPSN 2019 bertemakan Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai. UBJOM Tenayan mengemas peringatan ini dengan kegiatan School Cleaning Day. Acaranya meliputi pembersihan sampah bersama, penyuluhan cuci tangan, pemberian beasiswa lingkungan, pembangunan TPS, Tenayan Greenesia (pohon untuk masa depan), sekolahku terang, sekolahku pintar dan sekolahku sehat. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen UBJOM Tenayan dalam menjaga kelestarian lingkungan serta mendukung Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI dalam mewujudkan Indonesia yang bersih dari sampah.

Acara diawali dengan kegiatan gotong – royong membersihkan sampah di lingkungan sekolah yang diikuti oleh seluruh undangan dan para siswa-siswi. Selanjutnya disampaikan edukasi terkait 6 langkah cuci tangan sesuai standar kesehatan oleh dr.Dewi Rosita kepada sekitar 130 siswa. Selain itu diberikan juga edukasi untuk membiasakan para siswa membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis dan sifat sampahnya.

Pada kesempatan tersebut UBJOM Tenayan juga menyampaikan sejumlah bantuan guna mendukung pengelolaan sampah dan sanitasi di lingkungan SD 195. Diantaranya berupa beasiswa lingkungan, bak tempat penampungan sampah sementara (TPS), dan perbaikan sanitasi air serta toilet. Bantuan diserahkan oleh Manajer Administrasi UBJOM Tenayan Joni Arifin kepada Kepala SDN 195 Rufiati S.Pd.

UBJOM Tenayan juga memberikan bantuan lain untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Diantaranya bantuan sarana penerangan dalam Program Sekolahku Terang yang diserahkan oleh Supervisor Sekretariat dan Umum Dimas Satriyo Hutomo. Selain itu juga bantuan berupa buku bacaan same peralatan olahraga.

Sebagai wujud implementasi salah satu Tata Nilai UBJOM Tenayan yakni Go Green, UBJOM Tenayan turut mengupayakan lingkungan sekolah yang hijau dan ramah lingkungan dengan memberikan bantuan bibit pohon. Bibit tersebut ditanam secara bersama-sama oleh seluruh tamu yang hadir.

Selamat Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Mari Budayakan sejak dini Membuang Sampah Pada Tempatnya.(jun, riy)