Budi Daya Lele untuk Ketahanan Pangan

Budi daya ikan lele menjadi salah satu solusi bagi ketahanan pangan masyarakat di Balikpapan di tengah pandemik COVID-19 saat ini. PT PJB UBJOM KALTIM TELUK dan PT PLN UPDK Balikpapan bersinergi dengan KODIM 0905/BPP dalam upaya mendukung ketahanan pangan tersebut.

Sejumlah bantuan telah diberikan khususnya bagi masyarakat yang terkena dampak secara ekonomi. Pada Jumat (29/5) telah diberikan sejumlah bantuan berupa 2000 bibit ikan lele, 120 kg pakan ikan, timbangan, alat press plastik, dan plastik. Bibit ikan lele itu merupakan bibit yang dihasilkan oleh binaan CSR PT PJB UBJOM Kaltim Teluk.

Bantuan ini merupakan stimulus awal bagi masyarakat agar dapat “bertahan” di tengah pandemi COVID-19 ini. Selain itu, melalui bantuan tersebut diharapkan dapat menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.

Hari ini, Kamis (4/5) CSR PT PJB UBJOM Kaltim Teluk Bersama dengan PLN Peduli UPDK Balikpapan menyampaikan 50 Set ember Budidaya Ikan Lele kepada Kodim 0905/BPP. Bantuan itu selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat Balikpapan dengan disertai edukasi terkait budidaya ikan lele.

Upaya menciptakan ketahanan pangan ditujukan untuk menjamin ketersediaan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dengan gizi seimbang, baik pada tingkat nasional, daerah hingga rumah tangga secara mandiri. Masyarakat diharapkan tetap produktif selama masa pandemi ini dan mendukung pemerintah dalam mengimplementasikan Era “New Normal”.

Edukasi ketahanan pangan diikuti oleh perwakilan dari tiga wilayah Koramil di seluruh area Balikpapan. Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat hadir dalam kesempatan tersebut. Diantaranya Dandim (Kolonel Arm I Wayan Gusti Agung Putu Sujarwana ), Danramil 01 (Kapten Inf Sujud), Danramil 02 (Mayor Inf Masrukhan), dan Danramil 03 (Mayor Inf Riduwan). Sementara dari PJB hadir General Manager PT PJB UBJOM Kaltim Teluk (Kurniawan Dwi Hananto), Manajer Administrasi PT PJB UBJOM Kaltim Teluk (Raden Sultani Indragunawan), dan Supervisor Sekretariat dan Umum PT PJB UBJOM Kaltim Teluk (Septiadi Wantoro). Sedangkan pejabat serta tokoh masyarakat lainnya adalah Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Balikpapan (Heria Prisni), Camat Balikpapan Barat (Muhammad Arif Fadhilah), Lurah Sungai Nangka (Sanrang), dan Ketua Kelompok Binaan CSR Lele UBJOM Kaltim Teluk (Natalius). (mnc)