CIECRA Berbagi Ilmu Kreatif

 

Kelompok pengrajin eceng gondok binaan PT PJB BPWC “CIECRA” (Cirata Eceng Craft) menjadi narasumber dalam workshop pelatihan pengembangan usaha kreatif di kota Bandung. Workshop ini diselenggarakan oleh Dispora Kota Bandung, di Hotel Posters Mice pada tanggal 14-15 November 2018. Acara diikuti oleh kurang lebih 50 pemuda dan mahasiswa di Bandung.

Ketua kelompok CIECRA Duduy tampil sebagai pembicara didampingi empat pengrajin dari kelompok tersebut. Mereka mengajarkan bagaimana cara pembuatan kerajinan dari eceng gondok. Peserta diajak praktek langsung membuat kerajinan eceng gondok. Kerajinan yang dihasilkan dalam pelatihan akan dilombakan ke tingkat selanjutnya.

Kiprah CIECRA dalam menciptakan aneka kerajinan eceng gondok merupakan bagian dari upaya BPWC untuk memberdayakan masyarakat sekitar waduk Cirata. Upaya ini juga sebagai salah satu cara untuk menanggulangi gulma air menjadi produk bermanfaat.

Eceng gondok merupakan tanaman gulma yang mengganggu perairan waduk Cirata. BPWC melalui program CSR sejak tahun 2000 an memberikan pelatihan pembuatan kerajian dari eceng gondok kepada masyarakat sekitar waduk. Berbagai jenis kerajinan dihasilkan masyarakat binaan, diantaranya tas, dompet, sandal, topi, dan vas bunga. Hasil kerajinan ini telah ditampilkan dalam berbagai pameran serta dijadikan sebagai souvenir bagi tamu PJB dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke Cirata.(azz)