CIECRA Ramaikan Hari Jadi Koperasi

Kelompok CSR binaan PJB BPWC, Cirata Eceng Craft (CIECRA) berpartisipasi meramaikan pameran UMKM di Lapangan Mekarsari, Komplek Pemda KBB. Pameran digelar oleh Pemerintah Kab Bandung Barat (KBB) pada Minggu (8/9) untuk memeriahkan Hari Jadi Koperasi ke-72.

CIECRA menjadi salah satu stand yang paling ramai. Para pengunjung tertarik dengan aneka kerajinan tas dan produk lain dari eceng gondok yang ditampilkan. Kreativitas salah satu kelompok CSR binaan BPWC di bidang ekonomi kreatif ini memang pantas diapresiasi. Saat ini CIECRA menaungi kurang lebih 70 pengrajin eceng gondok di sekitar Waduk Cirata.

Sejumlah pejabat mengapresiasi produk eceng gondok yang ditampilkan CSR BPWC. Mereka menilai produk tersebut dapat menumbuhkan ekonomi kreatif di KBB dan ikut mengurangi sampah eceng gondok di Waduk Cirata. Bupati KBB AA Umbara, Ketua DPRD KBB dan sejumlah Kepala Dinas & anggota DPR provinsi Jawa Barat juga ikut mengunjungi stand CIERA.

Eceng gondok menjadi salah satu permasalahan di Waduk Cirata. Keberadaan CIECRA dapat mengurangi gulma eceng gondok sekaligus bisa memberdayakan masyarakat sekitar. Mereka mendapatkan penghasilan tambahan dari produk-produk kerajinan tangan yang dihasilkan. (azz)