CSR Hidroponik, Sinergi PLTU Dukung Program Pemda Pulang Pisau

Untuk ke sekian kalinya PLTU Pulang Pisau kembali menyalurkan bantuan ke masyarakat dengan melaksanakan peresmian dan panen perdana CSR Hidroponik di Desa Mintin, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau. PLTU berkomitmen mendukung program kawasan ketahanan pangan di kabupaten Pulpis yang telah di cetuskan oleh Presiden Republik Indonesia.

Acara ini merupakan sinergi dua instansi PLTU yaitu antara PLN UPDK (Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan) Palangkaraya selaku Asset Manajer dan PT PJB UBJOM Pulang Pisau selaku Asset Operator, yang belum pernah terjadi sebelumnya. Komunikasi dan hubungan kerja yang baik, melahirkan sinergi CSR Hidroponik yang lebih produktif dan komprehensif bagi masyarakat sekitar PLTU berupa alat produksi, pelatihan, manajemen dan evaluasi yang langsung di bimbing oleh dinas pertanian.

Manajer PLN UPDK, Dani Esa, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur bisa melaksanakan kegiatan peresmian program CSR dari PJB UBJOM PLTU Pulang Pisau. Hidroponik ini merupakan yang terbesar yang ada kabupaten Pulang Pisau. Melalui PT. PJB UBJOM pihaknya akan terus mengembangkan program ini. “Kami akan dorong dan dukung terus hidroponik sayuran ini, baik dari pembinaannya, pendampingan praktisi sampai pemasaran hasil  sehingga program ini dapat berkelanjutan.” ucapnya.

Dirinya berharap, CSR hidroponik ini bisa menjadi percontohan dan motivasi bagi masyarakat untuk mengembangkannya secara mandiri sekaligus membantu meringankan beban masyarakat serta mengurangi angka pengangguran terlebih disaat pandemi Corona  seperti sekarang ini.

Hal serupa diungkapkan Andi Setyawan selaku General Manager PT PJB UBJ O&M Pulpis. Dia mengungkapkan, sebelum melakukan pengembangan hidroponik di desa Mintin pihaknya terlebih dahulu melakukan percobaan di area PLTU. “Masyarakat Pulpis dan Kapuas yang ingin belajar membuat hidroponik bisa belajar di sini. Tanaman hidroponik ini sangat sehat dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan pestisida. Selain mendapatkan aspek ekonomi, kegiatan seperti ini juga dapat meningkatkan gotong royong dan kebersamaan sebagai perekat antara masyarakat dengan PLTU Pulpis,” harap dia.

Kepala Desa Mintin, Arbandi Libo berharap dengan adanya program CSR itu bisa menjadi mata pencaharian baru bagi warganya. Tanaman hidroponik ini sangat singkat sudah bisa dipanen.  Ke depan, semoga bisa dikembangkan untuk tanaman lokal. Kami warga desa Mintin mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan CSR yang telah disalurkan  PLTU Pulpis,” ucap Arbandi.

Sinergi CSR ini dirasa sangat efektif dan produktif sebagai salah satu terobosan dalam mengembangkan perberdayaan masyarakat yang terbukti dapat segera dirasakan manfaatnya. (RPw)