Dari yang Kecil untuk Kelestarian Alam

Suhu udara Kota Pekanbaru mengalami kenaikan yang cukup berarti dalam satu hingga dua dekade ini. Udara di kota itu saat ini rata rata di atas 30 derajat Celcius setiap harinya. Makin berkurangnya lahan hijau dengan pepohonan sebagai paru-paru kota diduga menjadi salah satu penyebabnya. Sehingga menghijaukan lahan bisa dijadikan salah satu cara untuk membuat Pekanbaru menjadi lebih sejuk.

PT PJB UBJOM PLTU Tenayan turut berkontribusi dalam upaya memperbanyak lahan hijau di Pekanbaru. Unit yang mengelola PLTU berkapasitas 2×110 MW itu secara aktif melakukan penanaman pohon di lingkungan sekitar pembangkit. Minggu (12/11) lalu UBJOM Tenayan bekerjasama dengan warga melakukan penanaman bibit pohon lengkeng dan mangga di Jalan Pertemuan Kelurahan Industri Tenayan.

Pemilihan pohon buah dimaksudkan agar dapat tercipta ketahanan pangan selain manfaat pelestarian lingkungan. Masyarakat dapat memanen buah disamping mendapatkan keteduhan dari rindangnya pepohonan.

Kegiatan penghijauan dihadiri oleh kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru, Lurah Kelurahan Industri Tenayan, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat Kelurahan Industri Tenayan, wakil UBJOM Tenayan, dan masyarakat sekitar.

Zulfikri selaku Kadis Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru sangat mengapresiasi kegiatan CSR yang dilakukan oleh PT PJB UBJOM Tenayan. Ia menjelaskan bahwa urusan pelestarian alam bukanlah masalah kecil karena menyangkut masa depan anak cucu dan cicit kita. Ditegaskan bahwa pelestarian lingkungan dan menjaga kenekaragaman hayati bukanlah tanggung jawab pemerintah semata. Semua pihak baik pemerintah, perusahaan, aparat kepolisan, maupun warga masyarakata harus terlibat di dalamnya.

Penghijauan melibatkan warga dilakukan UBJOM Tenayan dengan maksud untuk merubah kebiasaan masyarakat dari menebang pohon menjadi menanam pohon. Selain itu juga untuk menanamkan kesadaran kepada warga agar senantiasa melakukan upaya penyelamatan lingkungan.

Semua hal besar dimulai dari yang kecil. Apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai. Berbuat hal kecil yang positif terhadap alam akan menghasilkan dampak yang besar bagi kelestarian alam. Demikian pula sebaliknya ketika kita merusak alam. Semoga gerakan penanaman pohon yang dilakukan UBJOM Tenayan dapat menghijaukan lingkungan sekitar dan mendukung upaya pelestarian lingkungan. (jun)