Dekom Holding Kunjungi UP Gresik

Untuk kesekian kali unit pembangkitan (UP) Gresik mendapat kunjungan istimewa dari Dewan Komisaris (Dekom) PT PLN (Persero). Meskipun kedatangan sempat tertunda dari jadwal semula, namun pada Jumat (15/12) sekitar pukul empat rombongan tiba di unit dan disambut langsung oleh General Manager UP Gresik, Wisrawan Wahju Wibowo beserta tim manajemen dan jajaran terkait lainnya.

 

Para tamu istimewa tersebut terdiri dari 8 orang Dewan Komisaris PLN Holding, didampingi oleh Dirop 1 dan Dirkeu PT PJB, GM PLN Disjatim, GM JBTB 1, GM JBTB 2 dan GM UP Gresik yang turut serta mendampingi.

 

Rombongan langsung melakukan site visit ke lokasi CCR PLTGU. Di sana mereka mendapatkan pemaparan tentang kesiapan unit operasi UP Gresik oleh Pak Wis (panggilan akrab GM UP Gresik), dan Direktur Operasi 1 PT PJB, Sugiyanto yang juga pernah menjabat sebagai GM UP Gresik. Paparan itu menambah keyakinan jajaran komisaris PLN Holding terhadap kesiapan unit tersebut.

 

Usai sholat magrib berjemaah di musholla lt 3 acara dilanjutkan dengan rapat di ruang Muhtar Azis gedung service building. Maksud tujuan kunjungan dekom adalah ingin memperoleh informasi tentang kesiapan pembangkit dan kebutuhan gas yang akan dikonsumsi oleh PLTGU UP Gresik.

 

Direktur operasi 1 PT PJB, Sugiyanto menyatakan bahwa UP Gresik merupakan konsumen bahan bakar gas terbesar (60%) di Jawa timur. Sejak tahun 2012 UP Gresik telah beralih 100% ke bahan bakar gas, hal ini mampu menekan biaya pokok produksi serta mendukung perwujudan Green and Clean Power Plant.

 

Pada umumnya mesin pembangkit semakin lama digunakan akan semakin berkurang produktivitasnya. Akan tetapi hal menarik terjadi di UP Gresik, meskipun mesin pembangkit sudah berusia tua akan tetapi di tahun 2015 mampu mencapai EFOR hanya 0,38% setelah mengadopsi asset management.
Dengan perlakuan dan pemeliharaan yang tepat maka mesin pembangkit dapat tetap terjaga kehandalannya. (slum)