Desa Mandiri Energi Andungbiru


Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo adalah salah satu desa yang belum tersentuh fasilitas listrik PLN. Letaknya yang terpencil di daerah pegunungan dengan medan yang berat menjadi penyebabnya. Untuk menjawab kebutuhan akan listrik, warga mulai membuat pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) sederhana berbahan kayu. PLTMH ini diinisiasi oleh M.Rasid dengan memanfaatkan potensi sumber air yang melimpah dari aliran sungai.

Kemudian sejalan untuk mendukung kehidupan yang berkelanjutan dengan pembentukan desa mandiri energy, PT PJB UP Paiton pada tahun 2016 mulai melakukan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat di Andungbiru. Pendampingan diawali dengan pembentukan kelompok yang mengelola distribusi dan mantainance listrik di desa tersebut.

Pada fase pertama, dilakukan peningkatkan kualitas PLTMH dengan mengganti pipa beton yang sudah bocor dengan pipa baru sepanjang 200 m. Kemudian pada fase kedua tahun 2017, PT PJB UP Paiton membuat satu lagi PLTMH dengan memanfaatkan sisa aliran sungai dengan harapan dapat lebih memberikan akses listrik kepada warga.

Sebanyak 500 KK mendapatkan manfaat dari keberadaan PLTMH Andungbiru. Mereka mendapat akses listrik untuk mendukung kehidupan sehari-hari. Dari sisi lingkungan, selain mendorong kemandirian masyarakat dalam hal energi, PT PJB UP Paiton juga memberikan pendampingan masyarakat untuk melakukan konservasi pohon baik di hulu maupun di hilir bibir sungai sekitar PLTMH Andungbiru.

Like dan sebarkan postingan ini untuk menginspirasi teman-temanmu untuk melakukan kebaikan bagi lingkungan sekitar!