Focus Group Discussion Dengan kelompok Difabel

Pada tanggal 11 Februari 2019 telah sukses dilaksanakan acara diskusi dengan kelompok difabel dari Desa Segarajaya dan Desa Pantaimakmur. Secara bersamaan, kelompok difabel dari Desa Segarajaya dan Desa Pantaimakmur dikumpulkan di Aula Desa Segarajaya dengan total jumlah partisipan yang hadir adalah 33 orang. Acara ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara PT PJB UP Muara Tawar dengan Pemerintah Desa Segarajaya dan Desa Pantaimakmur.

Secara bersama sama, PJB yang diwakili dari staff CSR dan pemerintah desa dari wasekdes Segarajaya, Bapak Mahabib dan staff, serta bidan desa, Ibu Wulan, memberikan kesempatan bagi kelompok difabel bercerita mengenai masalah yang mereka hadapi selama ini. Selain bercerita mengenai masalah mereka, diskusi kali ini juga bertujuan untuk secara bersama-sama antara PT PJB UP Muara Tawar, pemerintah, dan masyarakat bertukar pikiran untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi sebagai tanggung jawab bersama.

Proses diskusi berlangsung dengan lancar dari awal hingga akhir. Setiap partisipan diberikan kesempatan untuk mengutarakan apapun yang mereka inginkan tanpa dibedakan. Dari beberapa masukan masalah yang diberikan, forum setuju bahwa terdapat beberapa masalah yang harus dan perlu digarisbawahi sebagai masalah penting, yakni :

  1. Pendidikan bagi anak-anak kelompok difabel yang tidak bisa ditampung di sekolah biasa karena sering kali mengalami pembedaan.
  2. Lapangan pekerjaan bagi kelompok difabel usia produktif yang tidak bisa terpenuhi.
  3. Alat bantu berkegiatan sesuai dengan disabilitas untuk membantu kegiatan sehari-hari yang masih sangat minim.

Dari masalah dan solusi yang sudah didiskusikan bersama, PT PJB UP Muara Tawar berharap dapat memberikan bantuan yang tepat guna dan berkelanjutan sesuai dengan masalah dan potensi yang ada. Selain itu kegiatan ini juga sejalan untuk mendongkrak program pemerintah dengan mulai mempedulikan kelompok difabel yang selama ini diakui belum pernah secara serius diperhatikan. Kegiatan ini akan menjadi titik awal dan pondasi untuk program pemberdayaan kepada kelompok difabel yang diusung dan dijalankan secara bersama melalui segitiga emas pemberdayaan, pemerintah, masyarakat, dan perusahaan, dalam hal ini adalah PT PJB UP Muara Tawar.