Gowest, Motor Hybrid Karya Insan PJB

 

Pemanfaatan tenaga listrik telah merambah berbagai aspek kehidupan sehari-hari termasuk sektor transportasi. Namun sebagian masyarakat masih ada yang menyangsikan kehadiran mobil dan motor listrik karena dianggap mahal dan tidak efektif dibandingkan kendaraan berbahan bakar fosil. Padahal, penggunaan kendaraan listrik sesungguhnya cukup efisien dan dapat memberikan manfaat lebih, terutama bagi kelestarian lingkungan.

Untuk mengenalkan manfaat kendaraan listrik secara bertahap kepada masyarakat, PT PJB menghadirkan Motor GOWEST (Gasoline Combined with Electric System). Karya inovasi ini diciptakan oleh Roland Christian PS, Harry Sukma, dan Abdi Prasetyo dari PT PJB Unit Pelayanan Pemeliharaan Wilayah Barat (PT PJB UPHB) yang berlokasi di Muara Karang, Jakarta. Mereka memodifikasi sepeda motor konvensional yang beredar di pasaran dan menggabungkan sistem motor listrik ke dalamnya. Kendaraan ini kemudian diberi nama GOWEST Hybrid #01.

GOWEST Hybrid #01 merupakan pelopor kendaraan hybrid yang berbeda dengan motor listrik lainnya. Sepeda motor ini masih dapat dioperasikan dengan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) sebagai alternatif pengisian daya selain dari sumber listrik. Ada tiga mode operasi yang dapat dipilih. Mode konvensional yang sepenuhnya menggunakan BBM, Mode full-electric yang menggunakan tenaga listrik dari baterai yang dapat diisi ulang (recharge), dan Mode hybrid yang menggabungkan penggunaan BBM dengan tenaga listrik. Pengendara cukup menekan tombol pengganti mode untuk beralih pilihan mode. Pada area speedometer telah disediakan monitor untuk memantau mode yang aktif dan kapasitas daya baterai.

Mode hybrid pada Motor Gowest Hybrid #01 memungkinkan pengendara melajukan kendaraannya dengan tenaga listrik dari baterai hingga kecepatan 25km/jam. Sistem otomatis akan beralih ke BBM saat kecepatan itu telah terlampaui. Motor ini juga dilengkapi dengan mode emergency yang secara otomatis mengalihkan mode hybrid ke mode konvensional bila terdapat masalah pada sistem kelistrikannya.

Selain mode hybrid, pemanfaatan dua sumber energi juga bisa dirasakan dengan adanya fitur self-charging pada Motor Gowest ini. Dengan fitur self-charging, baterai pada Motor Gowest akan mengalami pengisian daya selama pengguna berkendara dengan menggunakan BBM. Dengan demikian, pengendara masih bisa melaju dengan Motor Gowest bahkan setelah bahan bakar habis. Untuk mode full electric tanpa bahan bakar fosil, Motor Gowest Hybrid #01 dapat melaju sejauh 30km dengan kecepatan hingga 40km/jam.

Motor Gowest yang memakai prinsip hybrid dapat memberikan keuntungan ganda dari kendaraan konvensional dan kendaraan listrik. Dari segi kendaraan konvensional, modifikasi ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan BBM. Dari hasil pengujian, sepeda motor konvensional mengkonsumsi 1 liter BBM untuk melaju sejauh 29,92km. Dengan modifikasi Gowest, jumlah BBM yang sama dapat menempuh jarak 54,4km, artinya terdapat penghematan penggunaan BBM hingga 45%. Selain menguntungkan secara ekonomis, peningkatan efisiensi BBM ini tentu juga bermanfaat bagi kelestarian lingkungan. Emisi yang dihasilkan Motor Gowest Hybrid #01 ini adalah sebesar 0,599 gram/km, jauh di bawah batas emisi CO standar Euro 3 yang diijinkan, yaitu 2 gram/km.

Dari segi kendaraan listrik, mode hybrid dan fitur self-charging pada Motor Gowest dapat menjawab kekhawatiran masyarakat akan ketersediaan infrastruktur pengisian daya baterai kendaraan listrik yang saat ini masih terbatas. Dengan mode hybrid dan self-charging, pengguna dapat tetap berkontribusi mengurangi polusi udara dari penggunaan BBM kendaraannya. Selain itu, pengguna juga tidak perlu memiliki dua kendaraan yang berbeda untuk berkendara dengan BBM dan listrik.

Modifikasi sepeda motor konvensional menjadi Motor Gowest hanya memerlukan biaya investasi mulai dari 7,9juta rupiah. Untuk saat ini, modifikasi memerlukan waktu sekitar 3 minggu.
Kehadiran Motor Gowest Hybrid #01 pada awalnya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan operasional di lingkungan kerja area pembangkit PT PJB yang luas. Para inovator memanfaatkan keahliannya di bidang ketenagalistrikan untuk menciptakan kendaraan operasional yang ramah lingkungan. Kendaraan ini juga diharapkan dapat dikembangkan sebagai pelopor teknologi hybrid di lingkungan PLN Group.

Motor Gowest akan segera launching secara korporat oleh PT PJB dan diuji coba di berbagai unit pembangkit. Para innovator berencana untuk terus mengembangkan Motor Gowest dengan menambahkan fitur-fitur yang akan makin memudahkan bagi pengguna, diantaranya teknologi monitor touchscreen dan fast-charging. (sau)