Hebat Guruku, Cerdas Muridku

Rintangan tak memudarkan semangat belajar dan langkah anak-anak di Ring I PLTU Tenayan. Lokasi sekolah yang cukup jauh dan terpelosok bukan menjadi alasan untuk tidak bersekolah. Keinginan belajar terus dipupuk guna meningkatkan ilmu pengetahuan sebagai bekal dalam proses pendewasaan.

 

Langkah-langkah kecil pelajar setiap hari terlihat di jalan 70 menuju PLTU Tenayan yang ada di Pekanbaru, Riau. Pada saat musim penghujan hamparan lumpur tanah liat membentang sepanjang jalan 70. Namun itu tidak menjadi penghambat bagi anak-anak dan para guru untuk melangkah ke Sekolah. Bagi para guru mengajar bukan sekedar profesi namun ada rasa yang tidak bisa diungkapkan. Jika mengajar sekedar mengharapkan uang, mungkin apa yang diberikan dengan apa yang didapatkan tidaklah sebanding.

 

Menjadi seorang guru adalah suatu bentuk panggilan yang berasal dari hati. Jiwa seolah ikut berseru bahwa ada anak anak yang perlu dibimbing agar tidak terus tertinggal di tengah kemajuan zaman. Menjadi seorang guru harus didasari keihklasan dan kesabaran yang tidak ada satuannya. Namun bagi mereka yang menjalani semua itu dengan hati, pasti akan merasakan nikmat yang tidak dapat dilukiskan.

 

SDN 195 Pekanbaru memiliki jumlah siswa sebanyak 130 murid yang berasal dari wilayah Ring I PLTU Tenayan. Sebelas orang guru menjadi pendidik di Sekolah Dasar tersebut. Namun hanya ada satu orang yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil, yakni Kepala Sekolahnya. Selebihnya adalah guru honorer. Sebagian guru honor tersebut kategorinya honor komite. Mereka digaji dengan upah Rp 600.000 per bulan dan itu pun baru bisa diambil tiap tiga bulan sekali. Upah tersebut sangat jauh dari Upah Minimal Kota Pekanbaru.

 

Melihat kondisi tersebut, pada penerimaan Rapor Semester I Desember 2017, PT PJB UBJOM PLTU Tenayan memberikan beasiswa kepada murid-murid berprestasi dari Kelas 1 s/d kelas 6. Selain itu PT PJB UBJOM PLTU Tenayan juga memberikan bantuan kepada para guru honorer. Bantuan itu sebagai wujud rasa terimakasih dan penghargaan atas segala dedikasi dalam mengembangkan pendidikan untuk warga Ring 1 PLTU Tenayan.

 

Acara dihadiri oleh Lurah Tuah Negeri Aswad, Kepala SDN 195 Yasrimeddi, dan OKKY Kusuma Nugraha mewakili Manajemen PT PJB UBJOM PLTU Tenayan. Lurah Tuah Negeri sangat mengapresiasi bantuan CSR yang diberikan. Semoga bantuan tersebut semakin menambah semangat bagi murid maupun guru SDN 195 dalam memajukan pendidikan bagi anak anak Ring 1 PLTU Tenayan. (jun)