INDONESIA PUBLIC RELATIONS EXCELLENCE AWARD 2017

Sobat PJB, saat ini setiap perusahaan, lembaga, kementerian, dan tokoh bisnis perlu untuk memublikasikan perusahaan, pimpinannya, maupun dirinya agar masyarakat menjadi lebih mengetahui serta memahami segala tindakan yang dilakukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah melalui kegiatan Public Relations (PR).

Public Relations menjadi bagian penting dalam sebuah perusahaan yang menjalankan fungsi komunikasi manajemen untuk memperoleh pengertian dan dukungan dari publik. PR juga memegang kendali agar perusahaan dapat berjalan baik dan membangun citra perusahaan yang positif.
Menurut Jefkins & Daniel Yadin 2002, Public Relations adalah keseluruhan upaya yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik (good will) dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya. Kinerja PR yang baik akan mudah membentuk kepercayaan di masyarakat sehingga perusahaan akan lebih mudah mendapatkan konsumen.
Kegiatan PR juga dapat dilaksanakan untuk membangun karakter dari pimpinan perusahaan maupun tokoh bisnis. Selain memperkenalkan tokoh tersebut kepada publik, hal tersebut dapat menciptakan kedekatan terhadap masyarakat yang kemudian menjadikan masyarakat lebih tertarik dan menyukai perusahaan maupun tokoh tersebut.
Pemilihan media massa, penciptakan gaya komunikasi yang efektif, pemberikan informasi yang benar, dan segala strategi dalam meningkatkan citra dan reputasi perusahaan merupakan kegiatan penting PR agar mendapatkan opini dan kesan baik pada perusahaan maupun individu.
Pada penghargaan ini, Warta Ekonomi melakukan penelitian melalui kegiatan Media Monitoring yang dilakukan dengan cara media content analysis, yaitu menganalisis isi berita yang terfokus pada media online selama tujuh bulan terakhir, dimulai dari Januariā€“Juli 2017. Media online yang digunakan terdiri dari 40 media online nasional dan 12 media online Asia. Penghargaan ini ditujukan untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan, kementerian, lembaga maupun tokoh bisnis yang menjalankan kinerja PR dengan baik hingga bisa menjadi panutan untuk yang lainnya.

bertempat di Balai Kartini Jakarta dilaksanakan malam penganugerahan bertajuk INDONESIA PUBLIC RELATIONS EXCELLENCE AWARD 2017 yang dihadiri oleh beberapa tokoh dan petinggi negara yaitu, Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo, Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno, dan tokoh pengusaha besar Aburizal Bakri juga memberikan kepercayaan kepada PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) untuk mendapatkan salah satu penghargaan dimana PJB saat ini dinilai mampu dalam memberikan informasi-informasi atau pemberitaan positif terkait isu yang akan diangkat oleh perusahaan kepada stakeholdersnya.
PJB juga kali ini patut berbangga karena pada event tadi malam disandingkan dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya seperti Pertamina, Biofarma, Mandiri, Adaro Energy, Timah, PLN, Unilever, Gudang Garam, Garuda Indonesia, dan masih banyak lagi.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.