Jawa 7 Etalase Kehandalan PJB


Sejumlah petinggi PLN melakukan peninjauan lapangan ke PLTU Jawa 7 sebagai persiapan peresmian pembangkit di Serang itu oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Kehadiran
Direktur utama PT PLN (PERSERO) Zulkifli Zaini, Wakil Direktur Utama Darmawan Prasodjo, Direktur Bisnis Regional PLN Jamali Haryanto W.S., dan Direktur Pengadaan Strategis 2 PLN pada Sabtu (29/2) diterima oleh Dirut PJB, Dirut PJBI serta manajemen PLTU Jawa 7.

Saat ini PLTU Jawa 7 dengan kapasitas 2×1000 MW menjadi unit pembangkit terbesar dan tercanggih di Indonesia dengan teknologi Ultra Supercritical (USC). Teknologi ini mampu menekan biaya pokok produksi sehingga harga jual listrik dapat ditekan sampai 45% lebih murah. Di samping itu listrik yang dihasilkan pun tetap berkualitas.

Selain USC, PLTU yang dikelola oleh PT SGPJB ini juga menggunakan teknologi Sea Water Flue Gas Desulfurization (SWFGD) yang lebih ramah lingkungan. Emisi gas buang yang dihasilkan jauh di bawah baku mutu emisi menurut PERMEN LHK No. 15 tahun 2019.

PLTU Jawa 7 menjadi etalase PJB Group dalam melaksanakan penugasan dari PLN. Unit 1 mulai beroperasi secara komersial sejak tanggal 13 Desember 2019. Penyelesaiannya lebih cepat 4 bulan dari tenggat waktu yang diberikan oleh PLN. Hal ini menjadi potret bahwa PJB Grup sangat berkompeten dalam melaksanakan penugasan dengan cepat tanpa mengesampingkan sisi kualitas.