Kampung BaBe Muara Tawar

Kampung Batik Betawi yang disingkat “BaBe” merupakan salah satu program unggulan CSR PT PJB UP Muara Tawar yang berada di kampung Kebon Kelapa, Desa Segarajaya, Kabupaten Bekasi. Masyarakat lokal di kampung ini masih lekat dengan budaya khas Betawi. Di sini juga terdapat kelompok pengrajin kain batik Betawi Seraci yang telah ada sejak Tahun 2015.

Seiring dengan perkembangan nya, PT PJB UP Muara Tawar menginisiasi terwujudnya Kampung BaBe di Kebon Kelapa. Berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkannya. Salah satunya dengan membentuk kelompok usaha baru yang menghasilkan produk turunan batik. Kelompok ini diharapkan menjadi pendorong berputarnya rantai ekonomi masyarakat sekitar.

Kelompok usaha turunan batik Nencle dibentuk saat kegiatan pelatihan pada 20-22 Februari 2019 lalu. Kelompok ini terdiri dari 13 ibu-ibu yang belum memiliki berpenghasilan sendiri dengan Ibu Erni sebagai koordinatornya. Nama nencle diambil dari nama lain kampung Kebon Kelapa. Dalam pelatihan produk kerajinan batik peserta diajari bagaimana memanfaatkan kain sisa dari produksi Batik Betawi Seraci menjadi beragam produk, seperti tas laptop, tas jinjing, dompet, dan sapu tangan.

Ke depan, kampung BaBe diharapkan akan terus menawarkan hal-hal baru sehingga dapat menjadi salah satu pilihan obyek wisata di Kabupaten Bekasi.