Ketika PJB Harus Membelokkan Kapal

Sejarah tak pernah benar-benar pergi, apa yang ada saat ini dibentuk oleh sejarah. Demikian juga dengan PT PJB. Perusahaan yang pada 3 Oktober 2019 ini merayakan ulang tahunnya yang ke 24 ini juga tak lepas dari sejarah. Para pendahulu PJB telah membangun dan mengokohkan pilar-pilar perusahaan hingga dapat tumbuh, berkembang dengan berbagai prestasi dan pencapaiannya saat ini.

Pada moment peringatan HUT PJB ke 24 di Kantor Pusat PJB Surabaya, Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara mengajak karyawan berefleksi melihat perjalanan perusahaan di masa lalu, saat ini dan tantangan ke depan. Seluruh unit dan anak perusahaan PJB yang tersebar di berbagai wilayah nusantara mengikuti acara pada Kamis (3/10) ini melalui video conference.

Dirut menggugah kesadaran karyawan agar tidak terlena dengan segudang prestasi yang telah ditorehkan oleh PJB selama ini. PJB harus mampu beradaptasi dengan perubahan bisnis dan belajar dari kegagalan perusahaan-perusahaan besar dunia yang mati karena tak mampu beradaptasi.

“Tren global saat ini 3D, Desentralisasi, Dekarbonisasi dan Digitalisasi. Dekarbonisasi itu arahnya renewable energy. Kita harus masuk lagi ke bisnis ini dalam skala yang lebih besar,” kata Iwan Agung. Lebih lanjut dikatakan bahwa PJB telah menginisiasi pengembangan energi terbarukan dengan membangun PLTS 1 MW di Cirata, pengembangan PLTS floating 145 MW, dan PLTA Batang Toru 510 MW. Selain juga itu akan memasukkan energi terbarukan dalam bahan bakar PLTU melalui penggunaan kayu.

Dengan kecenderungan harga yang makin kompetitif, energi terbarukan menjadi sesuatu yang tak dapat dibendung lagi. “Kita harus berpikir bagaimana membelokkan kapal besar PJB yang saat ini sebagian besar pembangkitnya menggunakan energi fosil, untuk mengarah pada slogan energi baru terbarukan adalah masa depan PJB,” pesan Dirut di akhir sambutannya.

Peringatan HUT PJB ke 24 dihadiri oleh para Direksi PJB dari tahun 1995 – 2019, Dekom, Direktur Bisnis Regional JBTBN PT PLN (Persero), GM PT PLN Pusertif, GM PT PLN yang ada di Surabaya, karyawan dan sejumlah undangan lainnya. EXTRA menjadi tema HUT PJB kali ini. Tema ini dimaksudkan untuk mengobarkan semangat seluruh insan PJB agar dapat memberikan kinerja yang extra dalam berkarya untuk meraih pencapaian yang extra. Dengan kata lain, EXTRA adalah EXTRA SEMANGAT dan EXTRA PENCAPAIAN.

Acara resepsi HUT PJB diisi dengan peluncuran lima aplikasi perusahaan meliputi aplikasi ICOFR (Internal Control Over Financial Reporting), aplikasi M-Presensi, aplikasi Mobile SPPD, aplikasi PJB E-Learning, serta aplikasi i-Diagnostic. Selain itu diberikan juga sejumlah penghargaan dan sajian hiburan berupa tarian LED, tari Dzahab Najwan, dan penampilan artis Marcell Siahaan.

“Selama ulang tahun PJB, semoga kapalmu terus berlayar menerangi dan memberi tenaga bagi bumi pertiwi”