Kunjungan Industri Dosen UGM

Departmen Teknik Mesin dan Teknik Industri Fakultas Teknik UGM melakukan kunjungan industri pada Senin (16/7) di UP Gresik . Kunjungan ini dimaksudkan untuk memperoleh masukan guna meningkatkan kesesuaian antara dunia pendidikan dengan kebutuhan industri.

Industri merupakan laboratorium bagi dosen untuk mendapatkan feedback bagi peningkatan kualitas keilmuan. Pernyataan ini disampaikan oleh Guru Besar Jurusan Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik UGM Prof. Ir. Samsul Kamal, M.Sc., Ph.D. dalam kata sambutannya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pemilihan PT PJB sebagai lokasi kunjungan tak lepas dari perkembangan yang progresive dalam aset management dan penerapan industri 4.0. Ia berharap agar berbagai input yang dilihat dan sharing industri yang dilakukan dapat menjadi masukan untuk memperbaiki dunia pendidikan.

Lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) cukup mewarnai perjalanan PT PJB. Dari sekitar 1.600 sarjana yang ada di PJB, 220 diantaranya merupakan alumni UGM. Dimana 81 diantaranya merupakan lulusan teknik mesin dan industri. Yang menggembirakan 18 diantaranya menjabat sebagai senior leader dari 90 jabatan senior leader yang ada di PT PJB. Demikian dipaparkan oleh Direktur Utama PT PJB Iwan Agung firstantara yang juga merupakan alumni UGM.

Pada kesempatan ini Iwan juga memaparkan dinamika dan perkembangan bisnis PJB. Diantaranya pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) untuk menyongsong masa depan. Energi ini menjadi harapan di tengah trend harga pembangkit EBT yang makin murah dan kemungkinan terdisrupsinya pembangkit konvensional. Saat ini tengah mengembangkan PLTS terapung di Cirata, PLTB Tanah Laut 70 MW, dan beberapa pembangkit lain yang tengah dalam penjajakan.

Kunjungan diakhiri dengan peninjauan unit pembangkit sekaligus dilakukan diskusi dan penjelasan terkait proses produksi energi listrik