Lang Baling, Kopi Ramah Lingkungan Probolinggo

Probolinggo punya satu produk kopi istimewa yang diolah dengan energi ramah lingkungan. Tanamannya pun dibudidayakan dengan memanfaatkan bahan alami. Hasilnya, kopi produksi Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo Ini pun memiliki cita rasa yang khas.

Lang Baling disematkan sebagai nama kopi produksi masyarakat binaan CSR UP Paiton itu. Pengolahannya memanfaatkan energi listrik yang dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro (PLTMH) Andung Biru. Itulah mungkin yang melatari nama Lang Baling. Nama yang mengingatkan pada baling-baling pemutar PLTMH, sumber listrik andalan bagi Desa Andung Biru.

Untuk mengenalkan kopi Lang Baling pada masyarakat luas, UP Paiton mengadakan acara Festival 1000 pada Kamis (12/9) hingga Jumat (13/9) 2019, Acara digelar di kawasan Pantai Bhinor, kawasan wisata binaan Corporate Social Responsibility (CSR) UP Paiton. Sebanyak 1000 cangkir kopi disajikan secara cuma cuma bagi para pengunjung.

Selain untuk mengenalkan kopi dan produk CSR UP Paiton, ajang ini
juga digunakan sebagai sarana untuk makin merekatkan hubungan serta kerja sama dengan para stakeholder. Mereka adalah pemerintah, masyarakat, kelompok UKM, serta para tokoh masyarakat.

Sejumlah pejabat hadir dalam kesempatan ini. Diantaranya Bupati Probolinggo, Hj. P. Tantriana Sari berserta jajaran Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Sementara dari PJB hadir Direktur Utama PT PJB, Iwan Agung Firstantara, bersama dengan Direktur Operasi 1, Sugiyanto dan juga Sekretaris Perusahaan, Muhammad Bardan.

Kopi Lang Baling merupakan produk kopi berkualitas tinggi sebagai hasil nyata dari proses pengolahan dengan teknologi tinggi dan ramah lingkungan. “Energi yang dibutuhkan untuk proses pengolahannya dihasilkan dari PLTMH yang dikembangan PJB. Komposisi ramah lingkungan ini juga didukung oleh penggunaan pupuk organik, yang mencapai 75 %,” kata Dirut PJB.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa PJB ingin mengenalkan kopi Lang Baling ke semua elemen masyarakat. Brand kopi ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu varietas kopi unggulan Kabupaten Probolinggo.

Acara Festival 1000 Kopi berlangsung meriah dengan menghadirkan pameran on the spot 11 produk kelompok binaan CSR. Mereka adalah :
1. Kopi “Lang-Baling” Andungbiru
2. Bank Sampah Harapan Kita
3. Kelompok Postaklim
4. Asosiasi Pengrajin Batik Bordir dan Aksesoris Probolinggo
5. Training Center Tri Karya Jadi
6. Udeng Paitonan
7. KUB Sekar Wahyu (9)
8. Bumdes Sumber Kembar
9. KUB AKNA
10. PKK Binor
11. Kampung Kelor