Enam Emas dan Delapan Perak untuk PJB

 

Gelaran Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2018 pada Kamis (6/9) di Jakarta mengganjar PJB dengan 13 penghargaan kategori program CSR dan 2 penghargaan kategori perorangan. Sejumlah penghargaan ini menempatkan PJB pada gelar Grand Silver untuk kategori juara umum. Pemberian apresiasi dihadiri oleh Menteri PPN/BAPPENAS, Prof. Bambang Brojonegoro.

ISDA merupakan ajang tahunan untuk mengapresiasi dunia usaha yang turut berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Ajang ini diselenggarakan oleh Corporate Forum For Community Development (CFCD) yang merupakan forum bersifat independen yang dibentuk sebagai wadah komunikasi bagi para pelaku Corporate Social Responsibility (CSR) dan penggiat pemberdayaan masyarakat. ISDA pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 dan direncanakan akan terus berlangsung hingga tahun 2030.

SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan merupakan agenda global yang ditetapkan oleh PBB pada September 2015 di New York, Amerika Serikat. Program ini mulai berlaku pada tahun 2016 hingga 2030. Terdapat 17 tujuan SDGs yang hendak dicapai pada tahun 2030. Tujuan itu meliputi : tidak adanya kemiskinan; bebas dari kelaparan; sehat dan sentosa; pendidikan berkualitas; persamaan gender; air bersih dan sanitasi yang layak; energi bersih dan terjangkau; pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi; industri, inovasi dan infrastruktur; berkurangnya ketimpangan; kota dan komunitas berkelanjutan; konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab; perubahan iklim dapat ditangani; terpeliharanya sumberdaya laut; terpeliharanya ekosistem darat; perdamaian, keadilan dan lembaga yang efektif; serta adanya kerjasama global.

Indonesia berkomitmen untuk mendukung SDG’s telah menetapkan kebijakan pendukung pencapaian SDGs melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia No 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Untuk mewujudkan SDGS dibutuhkan sumber daya yang sangat besar, oleh karena itu partisipasi berbagai pihak, termasuk dunia usaha sangatlah penting.

PT PJB sebagai unsur dunia usaha, melalui program CSR secara konsisten turut berpartisipasi dalam upaya mendukung SDGs. Hal ini dibuktikan dengan apresiasi penghargaan ISDA yang selalu didapatkan oleh PT PJB dari tahun ke tahun.(arp)

Berikut daftar pernghargaan yang berhasil diraih PJB dalam ISDA 2018 :

1. Gold : Kategori Kehidupan Sehat dan Sejahtera (SDG’s 3) untuk Program Griya Sehat Berketahanan Iklim (UP Paiton)
2. Gold : Kategori Air Bersih dan Sanitasi Layak (SDG’s 6) untuk Program Konservasi Sumber Mata Air Kokap Desa Sumberrejo (UBJOM Paiton 9)
3. Gold : Kategori Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (SDG’s 8)- untuk Program Pelestarian Batik Khas Probolinggo (UP Paiton)
4. Gold : Kategori Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab (SDG’s 12) untuk Program Bank Sampah Mentari (UP Cirata)
5. Gold : Kategori Ekosistem Lautan (SDG’s 14) untuk Program Ekowisata Mangrove Hijau Daun (UP Gresik)
6. Gold : Kategori Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (SDG’s 8)- untuk Program Batik Difabel Meraih Sebuah Impian (UP Brantas)
7. Silver : Kategori Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab (SDG’s 12) untuk Program Bank Sampah “Berkah Abadi” Desa Trahan Kecamatan Seluke Kabupaten Rembang (UBJOM Rembang)
8. Silver : Kategori Energi Bersih dan Terjangkau (SDG’s 7) untuk Program PLTMH Andungbiru (UP Paiton)
9. Silver : Kategori Harmony Ekosistem Daratan (SDG’s 15) untuk Program Wisata Bahari Pantai Binor (UP Paiton)
10. Silver : Kategori Energi Bersih dan Terjangkau (SDG’s 7) untuk Program Pengelolaan Eceng Gondok Menjadi Alternatif Energi dalam Rumah Tangga (BPWC)
11. Silver : Kategori Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (SDG’s 8)- untuk Program Kampung Edukasi Batik Betawi Seraci (UP Muara Tawar)
12. Silver : Kategori Ekosistem Daratan (SDG’s 15) untuk Program Pengembangan Ekowisata Mangrove Terpadu (UP Muara Tawar)
13. Silver : Kategori Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab (SDG’s 12) untuk Program Pengolahan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat (UP Muara Tawar)
14. Silver : Kategori Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (SDG’s 8)- untuk Program Organic Integrated System (OIS) (UP Paiton)
15. Terbaik II : Kategori Perorangan Tingkat Manajer (Eko Setyawan – UBJOM Indramayu)
16. Terbaik II : Perorangan Tingkat Lapangan (Moch Saleh – UP Gresik)