Melihat Keharmonisan PLTU dengan Alam Sekitar

Rekan-rekan media masa hari ini berkesempatan melihat keindahan terumbu karang yang tumbuh di lingkungan perairan PLTU Paiton. Mereka bersnorkeling menyaksikan biota laut yang dapat tumbuh dengan baik berdampingan dengan kompleks PLTU yang telah beroperasi sejak 25 tahun lalu. Keharmonisan hubungan PLTU dengan alam ini telah mengantarkan UP Paiton dua tahun berturut-turut meraih PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kedatangan rekan-rekan media ke PT PJB Unit Pembangkitan (UP) Paiton merupakan bagian dari kegiatan Media Gathering PLN tahun 2019. Acara yang diselenggarakan bersama PJB ini diikuti oleh 22 media dan berlangsung sejak Kamis (21/3) hingga siang hari ini. Media gathering merupakan bentuk keseriusan PLN dan anak perusahaannya dalam mengelola media sebagai mitra strategis dalam menyampaikan informasi yang valid, berimbang, serta edukatif.

Gathering hari pertama dibuka di Kantor Pusat PT PJB di Surabaya oleh I Made Suprateka, EVP Corporate Communication & CSR PT PLN (Persero). Made menyampaikan pentingnya menjalin silaturahmi yang baik dengan media. Selain itu diungkapkan juga upaya PLN untuk menghadirkan infrastruktur kelistrikan yang ramah dengan alam sekitar. Pada kesempatan tersebut, Direktur Operasi 1 PT PJB Sugiyanto, juga memaparkan issue strategis perusahaan serta kemajuan teknologi yang berhasil dikembangkan PJB melalui REMDO.

Para rekan media diajak mengunjungi ruang REMDO yang ada di sebelah lobby gedung pusat PJB. Di sana mereka mendapatkan informasi terkait bagaimana para engineer PJB melakukan analisa teknik dan memberikan “receipt” terkait masalah yang dialami oleh unit pembangkit dengan real-time.

Selepas itu, rombongan dibawa menuju Bromo untuk menikmati suasana alam Jawa Timur. Sebagai penutup kegiatan awak media juga diajak untuk berkunjung ke UP Paiton di Probolinggo. Mereka menyaksikan bagaimana komplek PLTU mampu menjaga keserasian antara unit pembangkit berbahan bakar batubara dengan lingkungannya.