Memberdayakan Kampung Okura

 

Kampung Okura di Kelurahan Tebing Tinggi Kecamatan Rumbai Pesisir terletak bersebelahan dengan PLTU Tenayan. Aliran Sungai Siak menjadi pembatas langsung antara Kampung Okura dengan PLTU. Sungai terdalam di Indonesia itu sekaligus menjadi sumber air utama bagi operasional PLTU Tenayan.

Kampung Okura memiliki beberapa potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Peternakan kambing merupakan salah satu diantaranya. Potensi ini kemudian dikembangkan oleh UBJOM Tenayan melalui program CSR. Pemberdayaan dilakukan dengan memberikan bantuan berupa 14 ekor kambing kepada Kelompok Ternak Okura yang diketuai oleh Hendra. Kambing jenis Randu berjumlah 12 betina dan 2 pejantan itu diharapkan bisa berkembang biak dan mendatangkan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kedepan program CSR hewan ternak di Okura akan dikembangkan menggunakan sistem agrosilvopastural. Sistem ini memadukan pemanfaatan lahan untuk peternakan, pertanian, dan perkebunan yang ramah lingkungan serta menjaga ekosistem. Melalui agrosilvopastura, selain melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat, didapat pula keuntungan tambahan berupa pelestarian lingkungan. Dengan konsep tersebut diharapkan warga Okura tidak hanya menggantungkan mata pencahariannya dari sektor nelayan saja.

Perbaikan infrastruktur di Kampung Okura juga mendapat perhatian dari UBJOM Tenayan. Salah satunya dengan merenovasi Musholla Al-Ihsan yang merupakan mushola pertama di Okura. Bangunan di tepi Sungai Siak itu telah menemani ibadah warga sejak sekitar 70 tahun yang lalu. Renovasi yang dilakukan diharapkan dapat melestarikan bangunan bersejarah tersebut sekaligus menambah semangat masyarakat dalam beribadah.

Manajemen dan Tim CSR UBJOM Tenayan memanfaatkan momentum akhir tahun 2018 dengan mengunjungi Kampung Okura sekaligus meresmikan program CSR di daerah tersebut. Akses menuju lokasi berupa sungai dan rawa-rawa. Perjalanan pada Senin (31/12) itu ditempuh menggunakan speed boat selama kurang lebih 20 menit.

Rombongan mendapatkan sambutan hangat dari warga Okura. Burhan selaku Lurah kelurahan Tebing Tinggi menyampaikan apresiasi atas kehadiran Tim UBJOM Tenayan. Ia berterima kasih terhadap Manajamen UBJOM Tenayan yang telah melakukan renovasi Musholla Al Ihsan dan membantu peternakan kambing. Sementara itu, General Manager PT PJB UBJOM Tenayan Wasito yang didampingi Manajer Administrasi UBJOM Tenayan Joni Arifin mengaku sangat berbahagia dapat menyapa dan bertemu langsung dengan warga Okura.

Pada kesempatan itu, selain acara peresmian dilakukan juga kunjungan lapangan ke Kelompok Binaan Ternak Okura. Wasito dan Burhan meninjau suasana kandang dan dan berbincang langsung dengan ketua dan anggota Kelompok Binaan Ternak Okura.

Selepas kunjungan ke Kampung Okura, rombongan melakukan kunjungan sekaligus kegiatan bakti sosial ke Panti Asuhan Baiturrahman dan Panti Asuhan Bhakti Mufarridhun di lingkungan Kelurahan Industri Tenayan. Bakti sosial dengan anak yatim piatu ini merupakan wujud rasa syukur terhadap kinerja yang berhasil dicapai oleh UBJOM Tenayan selama tahun 2018.

Rombongan meminta anak-anak panti asuhan turut mendoakan PLTU Tenayan agar dapat beroperasi dengan handal, serta diberi keselamatan dan kelancaran dalam melakukan aktifitas sehari hari. Semua ini untuk mendukung terwujudnya PLTU Tenayan yang Go Green, Go Safety, Go Reliability and Efficiency. (jun, leo)