Menanam Pohon, Menjaga Air Tetap Mengalir

 

 

Menjaga bumi agar tetap hijau dan lestari menjadi tanggung jawab setiap umat manusia. Menyadari tanggung jawab tersebut, masyarakat Desa Gading Wetan, Kecamatan Gading bekerja sama dengan PT PJB Unit Pembangkitan Paiton menyelenggarakan penanaman pohon di aliran sungai Argopuro. Kegiatan dalam rmemperingati Hari Bumi Tahun 2018 itu dilakukan pada Rabu (2/5).

Lokasi penanaman pohon merupakan titik finis wisata arung jeram dan tubing Water Sport Gading Wetan, yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gading Sejahtera. Lokasi ini dipilih untuk mejaga area bibir sungai dari ancaman longsor. Beberapa jenis pohon ditanam pada kesempatan itu, antara lain kelapa, durian, alpukat, kelengkeng, dan petai. Pohon-pohon tersebut akan dikelola oleh masyarakat sekitar untuk kemudian dimafaatkan hasilnya ketika berbuah.

Mustofa Abdillah, General Manager PT PJB UP Paiton menyampaikan rasa syukurnya karena masih banyak orang baik dengan tujuan baik, salah satunya masyarakat Desa Gading Wetan. “PJB akan terus berusaha memberikan manfaat positif bagi masyarakat melalui program CSR perusahaan,” sambungnya.

Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Tatok Krismarhento mengatakan bahwa Pemerintah terus menjalin kerjasama dengan masyarakat pihak swasta terkait peluang peningkatan ekonomi dari usaha pariwisata yang dikelola oleh masyarakat.

“Penanaman ini menjadi satu bagian usaha membuka Desa Wisata selain adanya rafting dan tubing. Mudah-mudahan ini membuka lapangan pekerjaan untuk pemuda agar mengurangi tingkat pengangguran dan kenakalan pemuda,” pungkasnya dengan berapi-api.

Pada acara ini PT PJB UP Paiton juga menyerahkan bantuan perahu rafting kepada BUMDes Gading Sejahtera guna mendukung operasional Water Sport Gading Wetan sebagai salah satu binaan CSR.(rnd)