Menghadapi Tantangan Energi Masa Depan

Seminar dan pameran PJB CONNECT (Conference & Exhibition of Technology) 2019 kembali digelar pada Selasa (29/30) hingga Rabu (30/10) di Surabaya. Forum ini mempertemukan  berbagai pihak yang terlibat dalam dunia kelistrikan baik dari dalam maupun luar negeri.  Sejumlah ahli dan vendor dari 12 negara berpartisipasi dalam acara tahunan ini. Mereka berbagi pengetahuan dan teknologi terkini untuk menghadapi tantangan energi di masa mendatang  dan operational excellent di bidang pembangkitan.

Pembukaan PJB CONNECT 2019  dilakukan pada Selasa (29/10) oleh Rida Mulyana  selaku Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM,  Supangkat Iwan Santoso selaku Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero),  dan Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara.

Facing Future Energy & Operational Excellence menjadi tema dalam gelaran PJB CONNECT 2019. Tema ini  sangat relevan dengan terjadinya  fenomena 3D (Dekarbonisasi, Digitalisasi, dan Desentralisasi) yang mendorong percepatan pergerakan energi baru dan terbarukan.  Dimana fenomena itu memacu perkembangan teknologi energi terbarukan, inovasi dalam energy storage,  digitalisasi, serta  peningkatan distribusi dan pembangkitan energi  hingga  makin mempercepat pergerakan transisi energi global.

Direg JBTBN PT PLN (Persero) mengapresiasi PJB CONNECT yang menjadi event tahunan PJB. Ia berharap agar PJB lebih fokus dalam pengembangan pembangkitan end-to-end dan menjadi backbone pembangkitan yang sehat.

Sambutan positif juga diberikan oleh Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana. PJB CONNECT diharapkan menjadi sarana bagi industri kelistrikan untuk mengembangkan inovasi terbaru serta  meningkatkan kuaitas SDM melalui beragam seminar di dalamnya. Ia juga menyampaikan tiga amanah dari Kementerian ESDM yang harus segera dilaksanakan oleh PJB. Amanah tersebut terkait realisasi uji coba Co-firing PLTU, pemasangan PLTS di lingkungan PLTU, dan pengembangan PLTM atau PLTMH di waduk.

Pada pembukaan PJB CONNECT 2019 juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara  PJB dengan Universitas Brawijaya kerja sama di bidang pendidikan, pelatihan SDM, dan Pengembangan IPTEK untuk meningkatkan kualitas SDM.  Naskah kerja sama ditandatangani oleh Dirut  PJB dan Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, MS. Selain itu ditandatangani juga MoU antara  PJB dengan PTS ulzer Turbo Services Indonesia terkait sinergi usaha, sumber daya serta keahlian dalam pengembangan dan pelaksanaan proyek. Penandatanganan dilakukan oleh Kadek Agus Susena selaku  President Director PT Sulzer Turbo Services Indonesia dan Dirut PJB.