Menghidupkan Bintang di Ujunggebang

 

Unit Bisnis Jasa Operasi Maintenance (UBJOM) Indramayu melakukan sinergi dengan Pemerintah Desa Ujunggebang melalui Program Kampung Bintang di Dusun Pegagan dan Penanaman Mangrove sebagai Sabuk Pantai Sepanjang 1000 meter. Kampung Bintang ini digadang menjadi kawasan wisata terpadu yang menjadi pintu masuk Pantai Plentong.

Melalui Tanggung Jawab Lingkungan (TJL), PT PJB UBJOM Indramayu berkontribusi secara kongkrit dalam menjaga dan melestarikan lingkungan serta memberdayakan masyarakat sekitar yang berimplikasi kepada peningkatan sektor perekonomian.

PT PJB UBJOM Indramayu menggelar acara Penanaman Mangrove sebagai Sabuk Pantai sepanjang 1000 meter pada Kamis(30/8) lalu. Penanaman mangrove ini dilakukan sebagai upaya penyelamatan ancaman abrasi yang cukup masif terjadi di kawasan tersebut. Dalam 20 tahun terakhir, abrasi telah mengikis pantai sejauh 7 Kilometer dan jika dibiarkan akan berakibat kepada lingkungan yang tidak sehat.

Penanaman mangrove sepanjang 1000 meter diharapkan dapat menyelamatkan kawasan pantai. Selain itu juga diharapkan dapat menaikan gairah wisata bagi pengunjung yang akan berujung pada peningkatan ekonomi. Pantai yang sehat dan menarik akan menaikan potensi wisata daerah yang juga akan menaikan perekonomian kelompok pedagang binaan PT PJB UBJOM Indramayu

Acara dihadiri oleh Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Drs. M. R. Karliansyah, M.S; Direktur Operasi 2 PT PJB, Miftahul Jannah, General Manager Unit Pembangkit Cirata dan Muara Karang, serta jajaran Muspida seperti Wakil Bupati, Dandim, dan Kapolres.

PT PJB UBJOM Indramayu hadir di tengah- tengah masyarakat memberikan pembinaan untuk penguatan kelembagaan kelompok pegelola wisata wisata Pantai Plentong dan memperkuat daya tarik pantai. Beberapa wahana dan sarana ditambahkan pada Pantai Plentong untuk menarik pengunjung. Diantaranya penambahan wahana air (banana boat), anjungan dermaga, jembatan danau, serta mendirikan Beach Market Jajanan Masyarakat yang menjadi titik pemasaran terpadu produk- produk dari seluruh Desa Ujunggebang maupun Kecamatan Sukra.

PT PJB selalu hadir membangun negeri. Melalui produksi listrik berkualitas dan handal serta hadir dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas perekonomian masyarakat. Semoga upaya menghidupkan Kampung Bintang ini juga turut menerangi perekonomian dan pemberdayaan masyarakat sekitar.(km)