Menjaga Pantai Taman Tetap Lestari

Sampah plastik menjadi permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat dunia. Kawasan konservasi pun tak lepas dari permasalahan ini. Kepedulian dan kerja sama dari berbagai pihak menjadi kunci untuk mengatasinya.

Kegiatan bersih sampah dengan melibatkan masyarakat luas telah menjadi agenda rutin di Pantai Taman, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur. PJB UBJOM Pacitan ikut berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Bersih pantai menjadi bagian dari upaya melestarikan Pantai Taman yang merupakan area konservasi penyu hijau.

Acara bersih Pantai Taman kembali dilakukan pada Sabtu (21/9) pagi. Kali ini momennya bertepatan dengan acara puncak peringatan World Cleanup Day di Kabupaten Pacitan. Masyarakat, termasuk puluhan karyawan UBJOM Pacitan, beramai-ramai membersihkan sampah di kawasan pantai berpasir putih itu. Sampah itu dipisahkan antara yang organik dan an organik sebelum diserahkan ke bank sampah terdekat.

Pelepasan tukik juga dilakukan dalam kesempatan ini. GM UBJOM Pacitan, Didik Mardiantara menyatakan ada 78 tukik yang dilepas. Bulan sebelumnya telah dilepas sekitar 150 an tukik. “Kami turut berkontribusi dalam konservasi penyu di Pantai Taman,”kata Didik.

Selepas kegiatan bersih pantai dilakukan sarasehan dan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU)kerjasama pengelolaan kawasan Konservasi Penyu Pantai Taman antara PT PJB UBJOM Pacitan dengan Komunitas Mangrove Pacitan Indonesia (KMPI). Kesepakatan ini bertujuan agar kawasan konservasi tersebut dapat mandiri dan menjadi contoh bagi konservasi penyu di daerah lain. Penandatanganan kesepakatan disaksikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan.

Puncak kegiatan World Clean Up Day 2019 di Pantai Taman dihadiri oleh Wakil Bupati Pacitan, Sekda serta beberapa Kepala Dinas se Kabupaten Pacitan serta tim dari BKSDA. Gelaran ini menjadi momentum yang baik untuk mewujudkan Indonesia Bersih dan Bebas Sampah dengan mengedepankan nilai-nilai perdamaian dan cinta lingkungan yang berkelanjutan.