Menjaga Pesona Pantai Bhinor Harmony

Masyarakat Probolinggo kini memiliki destinasi wisata baru di dekat kompleks PLTU Paiton. Beragam atraksi wisata pantai dapat dinikmati di tempat wisata bernama Pantai Bhinor Harmony tersebut. Pengunjung dapat melakukan aktifitas snorkeling, scuba diving, memancing, naik perahu maupun sekedar duduk-duduk menikmati suasana pantai.

Kemudahan akses transportasi dan sajian pantai yang tenang berair bening dengan latar belakang bangunan pembangkit menjadi daya tarik Pantai Bhinor Harmony. Meskipun demikian, pesona itu akan memudar bila kebersihan pantai tidak terjaga dengan baik. PT PJB Unit Pembangkitan (UP) Paiton mendukung upaya Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Keranji yang berkomitmen untuk menjaga kebersihan wilayah pantai yang berloaksi di Desa Bhinor, Paiton, Probolinggo tersebut.

Pokwasmas Keranji bekerja sama dengan PT PJB UP Paiton Jumat (2/3) lalu melakukan kegiatan bersih Pantai Bhinor Harmony. Berbagai kelompok masyarakat dilibatkan dalam upaya membersihkan areal pantai itu. Diantaranya melibatkan Kelompok Nelayan Putra Pesisir, Bhinor Green Community (BGC), Bhinor Underwater Community (BUC), PKK Desa Bhinor dan juga Pemerintah Desa Bhinor. Pada kesempatan itu UP Paiton secara simbolis menyerahkan bantuan tempat sampah yang akan didistribusikan ke sepanjang wilayah pantai Desa Bhinor, termasuk area Pantai Bhinor Harmony.

“Kami dari pihak desa mengucapkan terima kasih atas kerja sama ini. Mudah-mudahan dengan banyaknya tempat sampah masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan,” kata Hostifawati, Kepala Desa Bhinor. Apalagi, Desa Bhinor akan mewakili Kabupaten Probolinggo untuk penilaian Desa Sehat, tegas Hostifawati kepada masyarakat yang hadir.

Mustofa Abdillah, General Manager PT PJB UP Paiton juga menyampaikan rasa terimakasih kepada masyarakat atas komitmen untuk menjaga kebersihan wilayah Pantai Bhinor Harmony. “Mari kita jaga bersama-sama karena dekat dengan perusahaan. Saya berharap masyarakat juga ikut menjaga,” imbuhnya.

Semoga komitmen masyarakat untuk menjaga kebersihan wilayah Pantai Bhinor Harmony dapat meningkatkan kunjungan masyarakat ke pantai ini. Sehingga menjadi salah satu pendukung bagi Kabupaten Probolinggo yang kini terus berbenah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. (ren)