Menuju Kampung Edukasi Lingkungan Tenayan

Sampah menjadi salah satu permasalahan sosial yang terus terjadi dan mempengaruhi setiap lapisan kehidupan baik di daratan, perairan, maupun udara. Sampah, terutama anorganik bila tidak dikelola dengan baik akan memberikan dampak negatif bagi lingkungan maupun makhluk hidup di dalamnya.

Sikap dan perilaku sadar lingkungan harus diterapkan agar pencemaran sampah dapat dikendalikan. Mengurangi penggunaan plastik dan mendaurulang sampah merupakan salah satu diantaranya. Hal ini tengah digalakkan oleh PT PJB UBJOM PLTU Tenayan sebagai upaya ikut berperan serta dalam mengatasi masalah sampah di Kota Pekanbaru.

Langkah awalnya dimulai dengan program CSR pelatihan daur ulang sampah bagi warga Kelurahan Industri Tenayan. Pelatihan berlangsung selama lima hari mulai tanggal 2 hingga 6 September 2019. Pesertanya 50 orang dan didominasi kaum oleh kaum perempuan. Mereka diajari dua ketrampilan, yaitu daur ulang sampah dan menjahit.

Pelatihan dibuka oleh Camat Tenayan Raya Abdimas pada Senin (2/9) di Kantor Lurah Industri Tenayan.

Dalam sambutannya, General Manager (GM) PT PJB UBJOM PLTU Tenayan Agus Prastyo Utomo menyampaikan bahwa pelatihan merupakan langkah awal dalam mewujudkan Kampung Edukasi Sampah di Kelurahan Industri Tenayan. Setelah kampung ini terwujud, akan disusul dengan pembentukan Kampung Edukasi Lingkungan di wilayah tersebut. Pelatihan diharapkan dapat memunculkan Kelompok Usaha Bersama dalam pengelolaan daur ulang sampah.

Pada kesempatan itu diserahkan bantuan CSR berupa tambahan uang saku bagi peserta dan perlengkapan pelatihan. Bantuan disampaikan secara simbolik kepada perwakilan peserta olem GM UBJOM Tenayan dan Manajer Administrasi UBJOM Tenayan Joni Arifin.

Lurah Industri Tenayan MS Candra menyampaikan rasa terimakasih atas bantuan dan dukungan PT PJB UBJOM PLTU Tenayan sehingga pelatihan daur ulang sampah dapat terlaksana dengan baik. Apresiasi ini disampaikan dalam acara penutupan pelatihan pada Jumat (6/9). Ia gembira melihat tingginya antusias warga dalam mengikuti pelatihan ini.

Penutupan diisi dengan pameran hasil karya peserta pelatihan. Selain itu, dilakukan juga penandatangan MoU hibah lahan dari Heri selaku pemilik lahan Sekolah Alam Indonesia Pekanbaru keoada warga Kelurahan Industri Tenayan. Lahan tersebut akan dipakai untuk mewujudkan Kampung Edukasi Sampah dan Kampung Edukasi Lingkungan di Kelurahan Industri Tenayan Kecamatan Tenayan Raya. Supervisor Sekretariat & Umum Dimas Satriyo Hutomo mewakili PT PJB UBJOM Tenayan dalam acara penutupan ini.(jun)