Meriahnya Upacara Hari Ibu di Unit Gresik

Jumat pagi (22/12) menjadi hari yang tidak biasa di PT PJB Unit Gresik. Pada pukul 07.00 WIB, lapangan sepak bola Unit Gresik sudah ramai oleh karyawan berseragam putih dan biru. Beberapa karyawan sedang gladi bersih mengibarkan bendera merah putih dan beberapa yang lain sedang mengecek peralatan. Hari ini PT PJB Unit Gresik melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-89. Upacara ini telah rutin dilaksanakan pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya.

 

Upacara dimulai tepat pukul 07.30 WIB. Pembina upacara kali ini adalah Wisrawan Wahju Wibowo selaku General Manager PT PJB UP Gresik dan didampingi oleh jajaran tim manajemen UP Gresik dan UPHT. Pak Wis (begitu biasa disapa) dalam amanatnya menyampaikan sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise yang mengajak seluruh kaum wanita untuk meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri.

 

Perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara juga mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change). Perempuan dan laki-laki mempunyai kesempatan, akses, serta peluang yang sama untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Peringatan Hari Ibu ke-89 ini mengusung tema “Perempuan Berdaya Untuk Indonesia”.

 

Hal yang menarik dalam upacara hari ini adalah semua petugas upacara ini merupakan karyawati. Jika biasanya petugas upacara mayoritas pria, maka upacara kali ini cukup memberi warna yang berbeda. Dari komandan upacara, komandan pleton, pembaca teks pembukaan UUD 1945 sampai pengibar benderanya semua wanita. Bahkan ada yang paling menarik, komandan upacara kali ini adalah satu-satunya satpam wanita di Unit Gresik, Bernadete Billa Wawo yang biasa disapa Bella. Dengan suara lantang, Bella memberi aba-aba kepada seluruh peserta upacara dengan berwibawa. Sikap tegap dan sigapnya menjadikan upacara ini berjalan dengan khidmat dari awal hingga akhir. (dl)