Mewujudkan Ekowisata Pantai Sidem

Langit cerah dan suasana khas pesisir pantai Sidem menyambut kedatangan tim CSR PT PJB UP Brantas pada Rabu (28/2) pagi. Tim yang dipimpin oleh Reddy Marhenanto selaku Manajer Keuangan & Administrasi UP Brantas datang untuk memantau progres pelaksanaan kegiatan CSR hasil kerjasama dengan Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB). Program CSR yang sudah dilaksanakan sejak 2014 ini merupakan salah satu program CSR PJB yang bersifat sustainable.

Kolaborasi baik antara PJB Brantas dan civitas akademika Universitas Brawijaya memiliki tujuan untuk meningkatkan perekenomian masyarakat sekitar melalui program desa ekowisata, juga menjaga kelestarian pesisir pantai Sidem dengan penanaman cemara udang dan pemanfaatan limbah laut yang disulap menjadi berbagai produk kerajinan.

“Ada goal besar yang ingin dicapai, (yaitu) kegiatan penjagaan lingkungan berdampak pada ekonomi masyarakat sekitar. Untuk mencapai goal tersebut, diharapkan antusiasme masyarakat Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) bisa terjaga,” ujar Dhira Kurniawan Saputra, perwakilan dari FPIK UB.

Pada kesempatan ini, PT PJB UP Brantas mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Tulungagung atas upayanya dalam memajukan masyarakat sekitar serta menjaga kelestarian alam secara berkelanjutan.

“Terima kasih kepada PT PJB UP Brantas atas kepeduliannya dalam pengembangan pariwisata pantai Sidem. Kami beserta MUSPIKA akan sama-sama membantu pengembangan pariwisata di sini bersama Pokdarwis,” Heru, perwakilan Dinas Pariwisata Tulungagung, menambahkan.

Selain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui desa ekowisata, PJB juga berupaya menjaga kehandalan Unit Pembangkitnya melalui konservasi alam sekitar.

“Diawali dengan menanam 3000 cemara udang, itu membantu mencegah uap air laut masuk ke mesin pembangkit. Sehingga mesin pembangkit tidak terkorosi.” tutup Reddy dalam sambutannya. (cps)