Muda Happy, Tua Makin Happy

Berinvestasi merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan karyawan untuk menyiapkan dana bagi berbagai macam kebutuhan di masa depan. Meskipun demikian, investasi juga memerlukan pengetahuan, perencanaan dan penyesuaian dengan tujuan finansial yang dikehendaki. Jenis investasi untuk tujuan finansial jangka pendek bisa jadi akan sangat berbeda dengan investasi jangka Panjang. Hal ini diuraikan oleh Ligwina Hananto dari QM Financial dalam seminar finansial pada Rabu (2/10) di Kantor Pusat PJB, Surabaya.

Ligwina memaparkan bagaimana cara membuat perencanaan pendanaan dan elemen yang ada di dalamnya. Perencanaan harus dibuat dengan jelas terkait tujuan, jangka waktu dan jumlah nominalnya. Kejelasan ini untuk menentukan jenis investasi dan menghitung jumlah nominal yang harus disisihkan dari penghasilan tiap bulan untuk mendukung pendanaan. Tujuan finansial harus menjadi fokus dalam perencanaan ini. “Jangan setia pada produk, setialah pada tujuan finansial,” pesannya.

Seminar dibuka oleh Direktur Keuangan PT PJB Tjutju Kurnia Sutjiningsih dan dihadiri oleh karyawan PJB Kantor Pusat serta perwakilan unit yang ada di Surabaya. Direktur Keuangan berharap agar seminar yang dihadiri oleh lintas generasi ini bisa membuka wawasan sehingga karyawan dapat mengelola finansial dengan baik. Acara berlangsung dalam suasana santai penuh gelak tawa oleh joke-joke yang dibawakan Ligwina dari pengalaman hidupnya.