Normalisasi dan Rehabilitasi Citarum

Presiden Joko Widodo mengunjungi hulu Sungai Citarum yang ada di Situ Cisanti, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis (22/2) pagi tadi. Kunjungan dimaksudkan untuk melihat perkembangan normalisasi sungai Citarum yang telah dicanangkan sejak 1 Februari 2018 lalu. Acara dihadiri oleh Menteri KLHK, Pangdam III Siliwangi, Gubernur Jawa serta anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Agum Gumelar. Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara juga hadir sebagai undangan dalam kesempatan tersebut.

Penanggulangan pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung dicanangkan berangkat dari keprihatinan terhadap kondisi sungai tersebut. Penurunan debit air Sungai Citarum sudah pada tahap menghawatirkan, demikian juga dengan pencemaran di dalamnya. Sungai itu merupakan sumber penghidupan bagi masyarakat Jawa Barat dan DKI Jakarta. Selain untuk pengairan, air Citarum juga digunakan sebagai bahan baku air minum di kedua propinsi tersebut.

PT PJB ikut berperan dalam program penanggulangan pencemaran dan kerusakan DAS Citarum. Kontribusi PJB berupa program penghijauan dan program CSR di sepanjang DAS Citarum, terutama di hulu sungai yang merupakan sumber utama mata air sungai tersebut. Program ini dilakukan pada wilayah Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur serta Kabupaten Purwakarta. Daerah itu merupakan wilayah operasional Badan Pengelola Waduk Cirata, salah satu unit PJB. Kontribusi yang dilakukan menjadi salah satu wujud komitmen manajemen PJB dalam kepedulian terhadap kelestarian lingkungan di seluruh wilayah operasionalnya. (dod)