O & M Collaboration Technical Seminar

Tiga hari ini di PJB Kantor Pusat Surabaya tengah digelar seminar operational and maintenance collaboration technical. Seminar berisi sharing knowledge para ahli dari Mitsubishi, Tepco, PJB dan nara sumber lainnya itu berlangsung dari Rabu (22/11) hingga Jumat (24/11) mendatang. Peserta seminar merupakan perwakilan dari Mitsubishi Corporation, Mitsubishi Hitachi Power System, PLN, PJB dan Indonesia Power.

Seminar tahunan yang diprakarsai oleh Mitsubishi ini sudah berjalan selama delapan tahun sejak tahun 2009. Awalnya hanya membahas seputar turbin gas. Namun mulai tahun 2011 topik bahasannya menjadi beragam meliputi turbin uap, electrical equipment dan lainnya. Pada tahun 2013 dan 2014 seminar ini menjadi joint research antara Mitsubishi, PJB dan Indonesia Power. Tahun ini Tokyo Electric Power Company (Tepco) ikut dalam seminar dan diharapkan dapat menguatkan kolaborasi.

“Semoga kerja sama yang telah terjalin dapat ditingkatkan di masa mendatang pada area-area lain yang lebih menantang. Dan joint collaboration akan menjadi makin kuat,” kata Direktur Operasi I PT PJB Sugiyanto dalam pembukaan seminar. Sementara itu Mr Oshamu Ono dari Mitsubishi Hitachi Power System juga berharap agar seminar bisa menjadi ajang sharing knowledge sekaligus ajang mendengarkan suara pelanggan bagi Mitsubishi.

Seminar hari pertama diisi dengan materi terkait PJB Academy, Implementation Efficiency Management di PJB, Gas Turbine Performance Diagnosis and Optimization, Introduction of MHPS Air Quality Control Systems, Improvement of Boiler and Plant Efficiency, dan Steam Turbine Performance Improvement. Hari ke dua diisi dengan Technical Discussion Meeting terkait gas turbine, steam turbine, electrical equipments, HRSG, transformer dan lainnya. Sedangkan pada hari terakhir akan dibahas materi terkait Efficiency Improvement for Generator and Electrical System, dan Advance Technologies for Non OEM Generator, serta acara penutupan.