Panen Ikan Karya Nyata

UBJOM PLTU Tenayan bersama dengan Kodim 0301/Pekanbaru menyelenggarakan kegiatan panen ikan di Kelurahan Mentangor, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. Panen ikan pada Rabu (8/1) itu merupakan hasil dari penebaran 11.000 bibit ikan saat kegiatan sosialisasi Karhutal dan pengobatan gratis Agustus tahun lalu.

Budi daya ikan merupakan salah satu program pemberdayaan yang bermanfaat untuk mengubah pola mata pencaharian masyarakat dari berladang dengan membakar hutan menjadi pertanian atau peternakan ramah lingkungan. Sebelumnya mereka diberikan sosialisasi terkait dampak negatif pembakaran hutan. Tujuannya agar mereka menyadari efek bahaya serta kerugian dari cara berladang dengan membakar hutan. Diantaranya kerugian harta, lingkungan hidup, udara segar, dan bahkan nyawa.

General Manager PT PJB UBJOM PLTU Tenayan, Agus Prasetyo Utomo mengingatkan para stakeholder agar lebih serius dalam merencanakan program pencegahan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di tahun ini.

‚ÄúPara stakeholder harus mulai serius dalam merencanakan program pencegahan Karhutla. Menurut data BMKG, di tahun 2020 ini Provinsi Riau diprediksi akan mengalami musim kemarau yang lebih Panjang dari pada tahun 2019,” kata Agus.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa hasil panen ikan hari itu akan dimanfaatkan langsung oleh masyarakat penerima bantuan program pemberdayaan. Keberhasilan panen ikan tersebut sekaligus membuktikan bahwa lingkungan di sekitar Tenayan Raya sehat dan layak untuk perkembangbiakan makhluk hidup pasca bencana karhutla pada musim kemarau tahun lalu.

Panen ikan berupa nila dan lele menjadi salah satu hasil karya nyata Subsatgas Karhutla Provinsi Riau. Kegiatan ini merupakan wujud sinergi antara Pemda dan TNI/POLRI di wilayah Tenayan Raya untuk mewujudkan pemberdayaan masyarakat melalui program-program CSR PT PJB UBJOM PLTU Tenayan dalam mendukung upaya pencegahan karhutla.

Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat hadir dalam kegiatan panen ikan yang berlangsung pukul 08.00 hingga 10.00 WIB itu. Diantaranya GM PT PJB UBJOM PLTU Tenayan, Manager Administrasi PT PJB UBJOM PLTU Tenayan Adityo Baskoro Widagdo, Dandim 0301/ Kolonel Infantri Edi Budiman, S.IP, Danramil 05/Sail, Kapten Arh Sugeng Santoso, Wakapolsek Tenayan Raya, dan beberapa perwakilan dari instansi pemerintahan, LSM/Ormas, serta tokoh masyarakat yang aktif mengayomi masyarakat di Kecamatan Tenayan Raya. (DSH)