Paper PJB Sampai Austria

 

Paper karyawan PJB berhasil lolos seleksi dan dipresentasikan pada gelaran International Commision On Large DAM (ICOLD) 2018 di Vienna, Austria Juli ini. Karya berjudul Construction And Monitoring Of Power House Caverns In Cirata Hidro Power itu menjadi salah satu materi pada Hydro Engineering Symposium yang dihadiri akademisi dan praktisi lintas negara.

Paper ditulis dan dipresentasikan oleh Pangestu Dwipa Airlangga, karyawan bagian pemeliharaan bendungan Badan Pengelola Waduk Cirata (BPWC). Dalam karyanya Pangestu memaparkan materi terkait kontruksi dan monitoring Power House bawah tanah PLTA Cirata.

ICOLD 2018 diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 6 Juli dan dihadiri oleh 100 negara yang menjadi anggotanya. ICOLD merupakan organisasi Internasional non-pemerintah yang menyediakan forum untuk pertukaran pengetahuan dan pengalaman dalam rekayasa dan pengelolaan bendungan. Organisasi ini didedikasikan bagi pengembangan ilmu teknik bendungan, serta pengembangan dan pengelolaan sumber air dan hidropower dengan bijaksana dan berkelanjutan.

Salah satu kegiatan ICOLD adalah Hydro Engineering Symposium. Forum ini merupakan peluang bagi para akademisi serta praktisi untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme di bidang pembangunan dan pengelolaan bendungan besar.

Keberhasilan karya tulis Pangestu hingga ke Vienna melalui beberapa tahapan. Dimulai dari tahap seleksi abstract pada November 2017 dan tahap seleksi Paper pada Februari 2018. Akhirnya pada bulan April 2018 dinyatakan lolos untuk mengikuti Hydro Engineering Symposium yang merupakan acara tahunan ICOLD.

Semoga keberhasilan Pangestu memacu karyawan lain untuk aktif mengirimkan karya-karyanya pada kancah internasional. Sehingga ilmu yang dimiliki dapat berkembang sekaligus mengharumkan nama PJB di tingkat international.(azz)