PEDOMAN TATA KELOLA PERUSAHAAN

GCG Code merupakan payung kebijakan sebagai landasan PJB dalam menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang baik sesuai standar best practices dan prinsip-prinsip GCG. PJB telah memiliki Pedoman GCG sejak tahun 2005 dan mengalami perubahan pada tahun 2010 kemudian kembali diubah tahun 2013.

Pedoman GCG sedang dalam proses penyempurnaan kembali untuk disesuaikan dengan kebutuhan Perusahaan dan perkembangan regulasi terkini, terutama terkait dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara No. PER-01/ MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penetapan Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara No. PER-09/MBU/2012 tanggal 6 Juli 2012.

Adapun aspek yang diatur dalam GCG Code tersebut, antara lain adalah:
1.    Visi dan Misi Perusahaan
2.    Nilai-nilai Budaya Perusahaan
3.    Bab Pendahuluan, yang memuat latar belakang pentingnya GCG Code, maksud dan tujuan serta mekanisme pengembangan terhadap GCG Code
4.    Bab Prinsip-Prinsip Tata Kelola Perusahaan, yang menjelaskan pengertian dan praktek PJB terhadap prinsip-prinsip GCG yaitu Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi dan Fairness.
5.    Bab Organ Perusahaan, yang menguraikan organ Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris, dan Direksi
6.    Bab Ketentuan Tata Kelola Perusahaan, berisi aspek-aspek pokok GCG perusahaan yang mencakup Standar Akuntansi dan Pengendalian Internal; Penggunaan Aset Perusahaan; Kerahasiaan dan Keterbukaan Informasi; Hubungan dengan Pemegang Saham; Hubungan dengan Stakeholders; Benturan Kepentingan; Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Masyarakat; Pemanfaatan Teknologi; Manajemen Risiko; Diskriminasi, Pelecehan, Ancaman dan Kekerasan; Hadiah dan Layanan; serta Aktivitas Politik