Pelatihan Kedisiplinan dan Wawasan Kebangsaan

 

Kedisiplinan, loyalitas, dan tanggung jawab menjadi kunci utama kesuksesan dalam sebuah organisasi. Dalam era globalisasi yang semakin ketat, kemampuan dan ketahanan fisik turut menjadi faktor pendukung dalam menciptakan produktivitas sumberdaya manusia. Untuk menunjang hal tersebut PT PJB UBJOM PLTU Tenayan berkolaborasi dengan PT MKP PLTU Tenayan dan TNI AD mengadakan pelatihan Kedisiplinan dan Wawasan Kebangsaan bagi para calon karyawan PT MKP. Pelatihan dilaksanakan sehari pada Selasa (22/1) di lingkungan sekitar PLTU Tenayan dengan memanfaatkan kondisi medan berupa perkebunan, bukit, dan rawa.

Kegiatan pelatihan meliputi latihan fisik seperti baris-berbaris, lari ketahanan, merayap taktis, dan lintas rawa. Ada juga briefing pemahaman organisasi dan budaya perusahaan, serta materi wawasan kebangsaan nasionalisme. Selain melatih ketahan fisik, kegiatan ini juga melatih jiwa korsa dan pantang menyerah para peserta. Mereka diharapkan menjadi pribadi yang kuat fisik maupun mentalnya serta berdedikasi tinggi dalam mengabdi di perusahaan.

Riang dan gembira dirasakan oleh para peserta. Tidak ada bersedih maupun merasa tertekan. Mereka menyadari kegiatan tersebut sangat bermanfaat sebagai bekal dalam bekerja kelak. Pelatihan berjalan tertib dan lancar meski dilakukan di tengah terik matahari serta medan yang cukup berat dan masih banyak binatang liarnya. Para pelatih dari TNI AD mengawasi dengan ketat pelatihan ini.

Kegiatan di akhiri dengan apel bersama dan sambutan dari GM PT PJB UBJOM PLTU Tenayan Wasito. Apel dihadiri oleh Koordinator PT MKP PLTU Tenayan, Para Pelatih dari TNI AD dan Satuan Pengamanan serta calon pegawai PT MKP. Wasito mengharapkan agar calon pegawai PT MKP yang notabene merupakan cucu perusahaan PT PJB harus memiliki semangat kerja yang sama tinggi nya dengan PT PJB. Mereka harus punya sikap pantang menyerah, disiplin, dan loyal dalam bersama-sama mensuskseskan visi dan misi perusahaan khususnya dalam operasional pembangkit.

PLTU Tenayan merupakan objek vital nasional, seluruh karyawannya, termasuk PT MKP harus mentaati semua aturan yang ditetapkan oleh manjemenen PJB khususnya dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja. Karyawan harus memahami tugas dan tanggungjawabnya sesuai Instruksi kerja dan prosedur yang berlaku.

“Jangan sungkan berdiskusi dan bertanya kepada senior jika tidak tahu, sebagai calon pegawai baru, serap ilmunya dan perbanyak belajar untuk meningkatkan kompetensi, jadilah pribadi yang kuat” tegas wasito.

Suksesnya kegiatan pelatihan merupakan hasil kolaborasi yang kompak antara PT PJB dengan PT MKP serta TNI AD dalam mengasilkan sumber daya manusia yang kompoten. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tugas operasional di pembangkit merupakan tugas berat sehingga sumber daya manusia yang terpilih harus benar-benar terampil dan mampu bekerja profesional. Kemampuan ini diperlukan untuk mewujudkan kinerja PLTU Tenayan Excellent yang go green, go safety, go reliability and effisiensi. (dim)