Pelepasan Tukik Pantai Kili-Kili

Sobat PJB, upaya untuk melestarikan lingkungan bisa dilakukan melalui kegiatan edukasi maupun aksi nyata di lapangan. Kedua kegiatan ini dilakukan PT PJB UBJOM Pacitan dalam rangkaian kegiatan Hari Bhakti Desa, Sarasehan dan Upacara Ucul-Ucul di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul Trenggalek. Kegiatan edukasi berupa sarasehan lingkungan hidup dilaksanakan pada Senin (2/10) malam. Kemudian pagi harinya Selasa (3/10) dilakukan pelepasan 1.000 tukik (anak penyu) di Pantai Kili-Kili Trenggalek, Jawa Timur.
Sarasehan mengambil tema Melestarikan lingkungan hidup menuju desa wisata, demi meningkatkan taraf hidup masyarakat. Acara ini bertempat di kantor Desa Wonocoyolo dan dihadiri oleh perwakilan dari Pemda, Dinas Perikanan, BKSD Kediri, Muspika Panggul, Instansi dan kepala desa se Kecamatan Panggul, siswa, Karang Taruna, tokoh masyarakat serta warga masyarakat. Menghadirkan narasumber Wakil Bupati Trenggalek, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BKSDA Propinsi, Komisi B DPRD Kab. Trenggalek, PT PJB UBJOM Pacitan, Dosen Universitas Brawijaya serta nara sumber lainya. Beberapa bahasan disampaikan dalam srasehan, salah satunya upaya pelestarian satwa penyu.
Kemeriahan mewarnai rangkaian acara pelepasan tukik dan burung yang dikemas dengan upacara ucul-ucul. Kegiatan untuk memberikan edukasi pentingnya keseimbangan ekosistem kepada masyarakat desa ini diawali dengan jalan santai. Berbeda dengan jalan santai pada umumnya, kali ini para peserta berjalan sambil membawa pesan-pesan untuk melestarikan lingkungan dan melakukan rundha thetek. Jalan santai berakhir di Taman Pantai Kili-kili dan dilanjutkan dengan pelepasan tukik.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.