PENGHARGAAN

PENghargaan csr pemprov jawa barat

PT PJB Unit Pembangkitan (UP) Muara Tawar mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa kepada Dewan Komisaris PT PJB, Defi Indiyanto Budiarto. Apresiasi ini diberikan kepada beberapa perusahaan atas kontribusi mereka dalam melaksanakan program CSR yang sejalan dengan program pemerintah.

Indonesia most admired company 2018:
Innovative company in utility sector

PT PJB mendapatkan apresiasi dalam ajang Indonesia Most Admired Companies Award 2018. PT PJB menjadi salah satu perusahaan yang dikagumi/diidamkan (most admired) di dalam kategori Special Mention: Innovative Company in Utility Sector.

Energy Management Leadership Award 2018

PT PJB (UP Gresik) meraih Award of Excellence in Energy Management dan PT PJB (UP Paiton) meraih penghargaan Energy Management Insight Award. Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi dalam Energy Management Leadership Award 2018 yang diberikan oleh Clean Energy Ministerial (CEM).

AREA 2018

PT PJB (UP Muara Tawar) meraih penghargaan Asia Responsible Enterprise Award 2018 (AREA 2018) melalui Program Paljaya Ecotourisme untuk kategori Social Empowerment. AREA merupakan sub program dari Enterprise Asia yang dibangun atas 4 pilar utama, yaitu Lingkungan, Praktik yang Adil, Komunitas dan Masyarakat. AREA sekaligus menjadi wadah bagi perusahaan-perusahaan di Asia untuk mengetahui isu global maupun perkembangan SDG’s di dunia.

ASIA PACIFIC STEVIE AWARD 2018

PT PJB berhasil meraih penghargaan Bronze Award di ajang Asia Pacific Stevie Awards 2018 melalui Program PJB Class for Aligning Vocational High School Learning to Power Generation Industry Needs dan Program Acceleration of Paiton Generation Unit Operator Excellent (OPEXC). Asia Pacific Stevie Awards 2018 merupakan kompetisi penghargaan bisnis internasional tahunan yang dibuka untuk 22 negara di region Asia-Pacific.

Indonesia Leadership & Profesional Award 2018

Kepala Badan Pengelola Waduk Cirata (BPWC), Wawan Darmawan, mendapatkan apresiasi dalam Indonesia Leadership & Profesional Award 2018 sebagai Best Leader. Penghargaan ini diberikan kepada sosok leader pada suatu perusahaan atau pelaku usaha yang mampu menginspirasi, kreatif dan innovative sehingga dapat mendukung program pembangunan pemerintah sesuai lingkup usahanya.

penghargaan lingkungan hidup

PT PJB (UBJOM Indramayu) menerima penghargaan dari Bupati Indramayu atas komitmennya dalam memenuhi kewajiban sebagai perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut melalui Penyampaian Laporan Pelaksanaan dan Pemanfaatan Kualitas Lingkungan Hidup.

PLN Environment DAy Competition 2018

PT PJB meraih penghargaan pada PLN Environment Day Competition 2018 sebagai berikut:
1. Environment Activist Competition Juara 1 Kategori “Penyelamat Lingkungan” (Coral Bank – PT PJB UP Paiton)
2. Environment Activist Competition Juara Favorit 1 Kategori “Penyelamat Lingkungan” (Program PERMATA “Perlindungan Ekosistem Mata Air” – PT PJB UP Paiton)
3. Campaign Competition Juara 2 Kategori “Poster” (Suari Dwi Pangudi – PT PJB UBJOM Pacitan)
4. Photo Competition Juara 1 Kategori “Foto Internal” (Abdul Aziz – PT PJB UP Paiton)
5. Perusahaan Pembina Lingkungan Terbaik di PLN

ISDA 2018

PT PJB meraih gelar Grand Silver untuk kategori juara umum pada Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2018. PJB berhasil mendapatkan 13 penghargaan kategori program CSR dan 2 penghargaan kategori perorangan. ISDA merupakan penghargaan yang diberikan kepada Perusahaan atas berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang diselenggarakan oleh Corporate Forum For Community Development (CFCD).

Asian power Award 2018

PT PJB meraih penghargaan Innovative Power Technology of The Year pada ajang Asian Power Awards 2018 atas karya inovasi berjudul “AVATOR : Integrated and automatic Special Portable Tool For Speeding” and Easing Vibration Calibration Monitor in Gresik Unit” yang disusun oleh Tim Inovasi dari UPHT (Alfian Budiarmoko, Robbi Auzikni Anaskur, Apolonius Adhi Hariyatma). Selain itu, PT PJB juga meraih Bronze Award for Coal Power Project of The Year atas karya inovasi berjudul “Avoiding Increase Maintenance Costs with Reservation Protection Turbine Trip in Paiton Unit 1&2” yang digagas oleh Tim Inovasi UP Paiton (Zainal Asikin, Faizal Riza, Bayu Nugroho).

POWER GEN ASIA 2018

Karyawan PT PJB meraih penghargaan Best Paper dalam kategori Optimizing Plant Operation pada ajang Power Gen Asia 2018. Penghargaan tersebut diberikan kepada Indratno Pardiansyah, Amir Wahyu Alkarim dan Evan atas paper mengenai ide strategi pengembangan unit existing dengan mengacu pada study kasus pengembangan unit eksisting PLTU Muara Karang.

The Best Social Business Innovation Company 2018

PT PJB meraih penghargaan The Best Social Business Innovation Company 2018 pada kategori perusahaan energi. Selain itu, Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara juga dinobatkan sebagai The Best Green CEO 2018.
Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang memiliki komitmen dan mengimplementasikan inovasi-inovasi sosial sebagai upaya menangani masalah sosial dan lingkungan perusahaan untuk mewujudkan kegiatan bisnis yang berkelanjutan.

PENGHARGAAN SUBROTO 2018

PT PJB meraih 4 (empat) penghargaan dalam Penganugerahan Penghargaan Subroto 2018. Tiga penghargaan diraih di bidang Keselamatan Ketengalistrikan (K2) dan satu lainnya di bidang Efisiensi Energi. Pada Bidang K2, PLTU Paiton 1 & 2 menjadi unit terbaik dalam kategori PLTU Kualifikasi Besar untuk Sistem Grid Code Jamali; PLTGU Muara Karang menjadi unit terbaik pada kategori PLTG/GU Kualifikasi Besar untuk Sistem Grid Code Jamali; dan PLTU Indramayu dinobatkan sebagai The Most Improve Effort Electricity Safety Power Plant. Pada Bidang Efisiensi Energi, UP Gresik berhasil meraih juara 2 untuk kategori Manajemen Energi pada Industri Besar.

Top csr 2018

PT PJB (UBJOM Rembang) meraih penghargaan TOP CSR 2018 dalam kategori Pembangkit Listrik. TOP CSR merupakan penghargaan bagi perusahaan di Indonesia yang dinilai terbaik dalam menjalankan program CSR/CommunityDevelopment.

PLN ENGLISH OLYMPIAD

Karyawan PT PJB meraih gelar Runner Up dalam PLN English Olympiad (PEO). Hanifa Ayu Nandasari, Deni Rahmat, serta Muhammad Khoiri Albana mewakili PJB pada Debate Competition. PEO diselenggarakan oleh PT PLN Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PLN Pusdiklat) untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris seluruh insan PLN Group.

museum rekor kinerja pembangkit 2018

PT PJB (UP Cirata) mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Kinerja Pembangkit 2018 atas kinerja PLTA Cirata periode 2014-2018 . EAF PLTA Cirata Unit 8 menjadi yang terbaik di antara PLTA dan PLTP di wilayah Jawa – Bali dengan nilai 99.05%. Sementara EFOR unit 7 juga menjadi yang terbaik dengan nilai 0.02%.

LIKE PLN 2018

PT PJB berhasil mempertahankan gelar juara umum penghargaan karya inovasi PLN tingkat nasional tahun 2018 selama dua tahun berturut-turut. LIKE (Learning Innovation Knowledge Exhibition) merupakan ajang kompetisi karya-karya inovasi dari unit-unit dan anak usaha PLN seluruh Indonesia.

BUMN Branding & Marketing Award 2018

PT PJB meraih penghargaan ‘The Best Product Development’ pada BUMN Branding & Marketing Award 2018 pada sektor ‘Service, Transportation, Logistics & Energy’. Penghargaan ini menjadi bukti upaya dari PT PJB dalam membangun identitas korporat dan menempatkan PT PJB setara dengan perusahaan BUMN lainnya seperti PT Bank Negara Indonesia, PT Garuda Indonesia, dan juga PT Pelindo yang turut menerima penghargaan di perhelatan ini.

TOP IT & TELCO Award 2018

PT PJB mendapatkan Peringkat 1 pada kategori penghargaan Top IT Implementation on Power Plant Sector 2018 pada TOP IT & TELCO Award 2018. Selain itu, Dirut PJB Iwan Agung Firstantara juga meraih penghargaan Top Leader on IT Leadership 2018. Top IT & TELCO Award 2018 diselenggarakan oleh majalah It Works untuk mengapresiasi keberhasilan perusahaan dan manajemen teratas dalam menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kinerja dan daya saing layanan.

MALCOLM BALDRIGE: INDUSTRY LEADER

PT PJB berhasil menjadi perusahaan pertama yang meraih Band Industry Leader Baldrige Excellence Framework di Indonesia. PT PJB mendapat skor 679 atas assessment Malcolm Baldrige yang dilakukan oleh IQAF (Indonesian Quality Award Foundation) atas pengelolaan proses secara efektif yang mendorong perbaikan proses kerja dan produk serta peningkatan kinerja melalui monitoring dan evaluasi prosedur yang kesemuanya dipantau melalui Sistem Teknologi Informasi.

PROPER 2018

PT PJB (UP Paiton – Unit 1 dan 2) berhasil mempertahankan penghargaan PROPER Emas selama dua tahun berturut-turut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Selain emas, dalam gelaran PROPER 2018, PJB juga mendapatkan empat PROPER hijau untuk UP Gresik, UP Muara Karang, UBJOM Rembang dan UBJOM Paiton. PROPER Emas merupakan bentuk penghargaan tertinggi terhadap perusahaan yang dinilai telah berhasil mencapai kinerja tertinggi dalam pengelolaan lingkungan, sesuai dengan peraturan dan kaidah yang ditetapkan oleh pemerintah. Perusahaan tersebut diakui telah menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan kontinyu, serta mengelola Corporate Social Responsibilities (CSR) dengan sangat baik.