Penghijauan 30 Tahun Cirata

 

Sudah tiga dasawarsa bendungan Cirata dibangun dan menebarkan manfaat tak terhitung bagi masyarakat. BPWC selaku pengelola bendungan memperingatinya dengan rangkaian acara bertema “Save Our Water” dan “Renewable Energy”. Peringatan ini juga dirangkai dengan acara ulang tahun PJB yang ke 23 dan Hari Listrik Nasional 2018.

Penghijauan di daerah Bukit Tumpuan Kanan atau DAM RIGHT BANK Bendungan Cirata menjadi salah satu acara pada peringatan 30 tahun bendungan Cirata. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kestabilan lereng Bendungan dari pergerakan tanah. Selain itu, penghijauan yang dilakukan dengan 2000 tanaman Kopi dan tanaman buah ini juga sebagai upaya pemberdayaan masyarakat sekitar bendungan. Setelah panen, mereka diharapakan dapat mengolah kopi dan buah-buahan menjadi oleh-oleh khas Cirata.

Penghijauan diikuti oleh karyawan PT PJB BPWC, Kelompok Tani Tripa Abadi, Muspika Desa Ciroyom dan Desa Sirnagalih, serta warga sekitar. Serangkaian sambutan dari manajemen BPWC, Muspika setempat dan ketua kelompok tani mengawali kegiatan penghijauan. Pada kesempatan itu dilakukan juga penyerahan secara simbolis bantuan bibit dan penandatanganan komitmen bersama menjaga pohon yang akan ditanam. Para undangan kemudian melakukan penanaman pohon secara serempak dan diakhiri dengan foto bersama.

Sebagai wujud komitmen dalam menjaga kelestarian Waduk Cirata, BPWC mempunyai Agroforestry dengan lebih dari 2000 jenis tanaman dan Pusat Pembibitan dengan 40.000 bibit. Setiap tahun BPWC rutin melakukan penghijauan di Greenbelt Waduk Cirata. Tahun 2018 ini telah berhasil ditanam 2000 bibit. Selain itu BPWC juga ikut serta dalam program Citarum Harum dengan mengirim sejumlah bibit untuk penghijauan.(sis)